Strategi Pengembangan Usaha melalui Market Place pada Online Shop Bunda Azzam Frozen Food Kalideres

Authors

  • Mada Faisal Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Agus Sudarsono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Destian Andhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.43721

Keywords:

Strategi Pengembangan Usaha, Market Place

Abstract

Untuk pengembangan usaha di suatu wilayah, startegi pertumbuhan (growth strategy) merupakan alternatif strstegi yang patut dipertimbangkan mengingat pembangunan di bidang industry usaha terus berkembang dan pemerintah daerah selalu berusaha mencari solusi dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk meningkatkan produktifitas, pengolahan hasil yang berkualitas, pemasaran dan penganekaragaman produk guna meningkatkan daya saing.  Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penggunaan teknologi untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah menggunakan teknologi untuk melakukan online marketing. Selain bisnis menjadi kurang up to date, bisnis juga bisa hanya berjalan di tempat. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah dalam pemasaran dan solusinya? Solusinya adalah Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, seperti menggunakan smartphone untuk melakukan online marketing. Gunakan media sosial atau marketplace sebagai salah satu media marketing. Sebagai permulaan, pilih salah satu yang dirasa cocok sebagai media yang tepat bagi pemasaran produk Anda dan coba fokus lebih dulu. Setelah cukup optimal di satu platform, maka sudah saatnya Anda mencoba di platform yang lain. 1. Lakukan riset dan tentukan target pasar 2. Evaluasi 3. Membuat inovasi 4. Memberikan diskon dan giveaway 5. Manfaatkan digital marketing 6. Manajemen keuangan 7. Memiliki web sendiri.

References

Aksara Wibowo Agus. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Amri, Ulil. 2010. Motivasi Mahasiswa Aktif Didalam Organisasi Ekstrakulikuler. Tidak Terbit

Andi, D., Wiguna, M., Abid, M., Safiih, A. Imbron, I. (2020). Strategi Pengembangan Sdm Sebagai Persiapan Membangun Destinasi Wisata Curug Angkrek, Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Dedikasi Pkm, 2(1), 33-37.

Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.

Armstrong, Michael. (2003), How to be An Even Better Manager, Edt :Lyndon

Buchari, Alma, 2009., Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan,Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2012). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hisrich, R & Peter M. 2000. Entrepreneurship.Edisi Keempat. Singapore Mc Gran-Hill. Inc Kasmad, K., Ahidin, U. A., & Wijayanti, K. D. (2018). Pengaruh Strategi

Lambing, P. A & Kuehl C. R. 2000. Entrepreneurship. Edisi Kedua. Edition New Jersey.Pretice Hall 60

Nofiana, L., Amelia, R. W., Yunanti, S., Nelsi, M., & Akbar, M. F. (2021). Penyuluhan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam Pada Masa Pandemi Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 140-145.

Nuryani, A., Persada, D., Nuryani, Y., Yusuf, A., & Luthfi, A. M. (2020). Pengenalan Laporan Keuangan Nirlaba Pada Komunitas Arimbin Ix. Dedikasi Pkm, 2(1), 107-112.

Periklanan Terhadap Keputusan Mahasiswa (Studi Kasus Pada STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).

Psikologi Unair. Rusdiana, H.A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cetakan ke 1. Bandung: Pustaka Setia

Putri, R. A., Hardiyanti, N., & Wijayanti, K. (2019). Upaya Merintis Desa Wisata Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Masyarakat Di Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59-64.

Rachbini, D.J. (2001), Pengembangan Ekonomi & Sumber Daya Manusia, Penerbit Grasindo , Jakarta.

Riyanti, B Dwi. (2002), Kecendrungan Inovasi, Proceeding Temu Ilmiah APIO,

Riyanti, Benedicta, Prihatin, Dwi. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Grasindo. Jakarta

Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Eveline, & Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran, Cetakan ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia

Slamet, F. dkk. (2014). Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks

Suryana. 2009. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Uno B, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Akbar, M. F., Sudarsono, A., & Andhani, D. (2023). Strategi Pengembangan Usaha melalui Market Place pada Online Shop Bunda Azzam Frozen Food Kalideres . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 187–191. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.43721