Strategi Pengembangan Usaha melalui Market Place pada Online Shop Bunda Azzam Frozen Food Kalideres
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.43721Keywords:
Strategi Pengembangan Usaha, Market PlaceAbstract
Untuk pengembangan usaha di suatu wilayah, startegi pertumbuhan (growth strategy) merupakan alternatif strstegi yang patut dipertimbangkan mengingat pembangunan di bidang industry usaha terus berkembang dan pemerintah daerah selalu berusaha mencari solusi dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk meningkatkan produktifitas, pengolahan hasil yang berkualitas, pemasaran dan penganekaragaman produk guna meningkatkan daya saing. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penggunaan teknologi untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah menggunakan teknologi untuk melakukan online marketing. Selain bisnis menjadi kurang up to date, bisnis juga bisa hanya berjalan di tempat. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah dalam pemasaran dan solusinya? Solusinya adalah Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, seperti menggunakan smartphone untuk melakukan online marketing. Gunakan media sosial atau marketplace sebagai salah satu media marketing. Sebagai permulaan, pilih salah satu yang dirasa cocok sebagai media yang tepat bagi pemasaran produk Anda dan coba fokus lebih dulu. Setelah cukup optimal di satu platform, maka sudah saatnya Anda mencoba di platform yang lain. 1. Lakukan riset dan tentukan target pasar 2. Evaluasi 3. Membuat inovasi 4. Memberikan diskon dan giveaway 5. Manfaatkan digital marketing 6. Manajemen keuangan 7. Memiliki web sendiri.
References
Aksara Wibowo Agus. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Amri, Ulil. 2010. Motivasi Mahasiswa Aktif Didalam Organisasi Ekstrakulikuler. Tidak Terbit
Andi, D., Wiguna, M., Abid, M., Safiih, A. Imbron, I. (2020). Strategi Pengembangan Sdm Sebagai Persiapan Membangun Destinasi Wisata Curug Angkrek, Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Dedikasi Pkm, 2(1), 33-37.
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.
Armstrong, Michael. (2003), How to be An Even Better Manager, Edt :Lyndon
Buchari, Alma, 2009., Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan,Bandung: Alfabeta
Daryanto. (2012). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Hisrich, R & Peter M. 2000. Entrepreneurship.Edisi Keempat. Singapore Mc Gran-Hill. Inc Kasmad, K., Ahidin, U. A., & Wijayanti, K. D. (2018). Pengaruh Strategi
Lambing, P. A & Kuehl C. R. 2000. Entrepreneurship. Edisi Kedua. Edition New Jersey.Pretice Hall 60
Nofiana, L., Amelia, R. W., Yunanti, S., Nelsi, M., & Akbar, M. F. (2021). Penyuluhan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam Pada Masa Pandemi Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 140-145.
Nuryani, A., Persada, D., Nuryani, Y., Yusuf, A., & Luthfi, A. M. (2020). Pengenalan Laporan Keuangan Nirlaba Pada Komunitas Arimbin Ix. Dedikasi Pkm, 2(1), 107-112.
Periklanan Terhadap Keputusan Mahasiswa (Studi Kasus Pada STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).
Psikologi Unair. Rusdiana, H.A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cetakan ke 1. Bandung: Pustaka Setia
Putri, R. A., Hardiyanti, N., & Wijayanti, K. (2019). Upaya Merintis Desa Wisata Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Masyarakat Di Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59-64.
Rachbini, D.J. (2001), Pengembangan Ekonomi & Sumber Daya Manusia, Penerbit Grasindo , Jakarta.
Riyanti, B Dwi. (2002), Kecendrungan Inovasi, Proceeding Temu Ilmiah APIO,
Riyanti, Benedicta, Prihatin, Dwi. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Grasindo. Jakarta
Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, Eveline, & Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran, Cetakan ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia
Slamet, F. dkk. (2014). Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Suryana. 2009. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Uno B, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mada Faisal Akbar, Agus Sudarsono, Destian Andhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.