Peran Teknologi Dalam Mengatasi Cyberbullying di Kalangan Siswa Smp Muhammadiyah 29 Sawangan, Depok Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.44753Keywords:
Pengabdian kepada Masyarakat, Cycberbullying, Media Sosial, Lembaga PendidikanAbstract
Cyber bullying atau disebut juga perundungan siber banyak terjadi di kalangan remaja, terutama dikalangan siswa/siswi di lembaga pendidikan. Penggunaan gawai yang tanpa batas ruang dan waktu membebaskan siapapun untuk berinteraksi di dunia maya.. Internet adalah penghubung menuju media sosial yang mencakup pergaulan yang sangat luas dan tak terjangkau. Kurangnya literasi digital terhadap cara penggunaannya, mengakibatkan penggunaan gawai untuk media sosial menjadi kurang baik dan bijak. Masih banyak penyalahgunaannya di kalangan pelajar, dikarenakan ketidaktahuan dalam menggunakan sosial media, dampak yang ditimbulkannya jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai cyber bullying. Bisa jadi mereka menjadi korban atau pelaku cyber bullying. Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai dampak, bahaya cyber bullying dan cara mengatasi cyber bullying. Dengan metode sosialisasi kepada siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 29 Sawangan,Depok Sawangan. Hasil dari sosialisasi cyber bullying melalui Pengabdian kepada Masyarakat membawa banyak manfaat kepada pihak sekolah dan mahasiswa itu sendiri. siswa/siswa menjadi lebih memahami apa itu cyber bullying, fenomena yang terjadi di jaman yang serba modern teknologi digital semakin canggih, faktor penyebab cyber bullying, bentuk-bentuk cyber bullying, dampak dan bahaya cyber bullying, serta upaya mengatasi jika terkena cyber bullying . Pihak sekolah menjadi lebih terbuka terhadap perubahan yang terjadi, lebih peka, dan lebih perhatian menghadapi setiap permasalahan yang dialami oleh siswa/siswinya. Peran teknologi mengatasi cyber bullying menjadi tanggungjawab pemerintah dengan kebijakan- kebijakan dan Hukum positif yang dibuat guna dalam menanggulangi kejahatan cyberbullying, antara lain terutama lembaga di Indonesia yang mempunyai kewenangan dalam digital yaitu kominfo.
References
Herman, V. a., & Christanti, c. N. (2024). Ayo Lawan Perundungan! Untuk SMP/MTs. Jakarta: Andi.
Iskandar, A., Winata, W., Haluti, F., Kurdi, M. S., Hendra, P., Sitompul, . . . Arisa, M. F. (2023). PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Sulawesi: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Mesra, R., Pratiwi, D., Handayani, R., Wiguna, I. B., Suyitno, M., Sampe, F., . . . Aina, M. (2023). teknologi pendidikan. Banten: PT. Sada Kurnia Pustaka.
Nasarudin, Mahpudoh, Erningsih, Alfian, A., Lestari, A., Eprillison, V., . . . Suhartawan, B. (2023). Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital. Padang: CV. Gita Lentera.
Ngalimun. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Yogyakarta: K-Media.
Pengaruh Digitalisasi Dalam Maraknya Kasus Bullying Di Lingkungan Masyarakat. (July 2024). Jurnal Hukum De’rechtsstaat (JHD),Special Issue, , 115.
Wibisono, H. A., Rangkuti, A. A., Sukmawati, F., Rahmadi, Ijonris, Y., Priyanda, R., . . . Iman, A. (2022). Pengantar Teknologi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lili Nurlaili, Mudzalifah Mudzalifah, Muhamad Syarifudin Lausiry, Nisa Yulianti, Nova Risa, Rizki Adi Mulyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.