Penerapan Kepemimpinan Organisasi Sekolah pada Siswa di Era Digital

Authors

  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang
  • Sri Astuti Universitas Pamulang
  • Siti Rahayu Universitas Pamulang
  • Susi Afriyanti Universitas Pamulang
  • Tammi Nasuha Nurdin Universitas Pamulang
  • Zehan Zehan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.44924

Keywords:

Siswa, Kepemimpinan, Organisasi Sekolah, Era Digital

Abstract

Siswa memiliki potensi besar menjadi agen perubahan di masa depan. Latar belakang mereka yang dinamis, akses terhadap teknologi, serta semangat muda menjadikan kekuatan yang harus diperhitungkan dalam upaya mewujudkan perubahan positif. Keikutsertaan siswa dalam organisasi di sekolah memiliki banyak manfaat yang melampaui sekadar menjalankan kegiatan organisasi. Siswa dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kerja sama, komunikasi dan manajemen waktu. Agar kegiatan organisasi berjalan lancar, diperlukan kepemimpinan yang cakap untuk mengelola organisasi. Pada era digital membuat kepemimpinan sangat berbeda dengan kepemimpinan di era sebelumnya. maka diperlukan pemahaman mengenai kepemimpinan organisasi sekolah di era digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat, penyelesaian masalah sosial dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan membantu peningkatan kompetensi siswa, pembentukan karakter dan pengembangan kepemimpinan di era digital. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mendapatkan pengembangan keterampilan kepemimpinan organisasi sekolah dan peningkatan literasi digital. Selain itu siswa juga mendapatkan latihan praktik membuat timeline konten digital

References

Asniar, M., & Silondae, D. P. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling. 4(1), 9-16.

Budihardjo, M. (2014). Panduan praktis menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Hidayat T., Ngongo V. L., Wiyanto. (2019). Pendidikan di era digital. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 631.

Maysyarah (2014). Analisis tentang jenis-jenis kebutuhan siswa. Jakarta: Trimedia. Pustaka

Sutrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Cetakan kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-11-17

How to Cite

Utaminingsih, S., Astuti, S., Rahayu, S., Afriyanti, S., Nurdin, T. N., & Zehan, Z. (2024). Penerapan Kepemimpinan Organisasi Sekolah pada Siswa di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 203–208. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.44924