Strategi Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Growth Mindset di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan

Authors

  • Nuryati Djihadah Universitas Pamulang
  • Andy Saputra Pratama Universitas Pamulang
  • Angela Marisa Mau Universitas Pamulang
  • Anggana Harja Kusuma Universitas Pamulang
  • Anhar Anhar Universitas Pamulang
  • Annisa Nurul Fadlilah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45113

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Growth mindset, Kompetensi Profesional Guru, Lembaga Pendidikan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada implementasi growth mindset dalam pendidikan, khususnya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 29 Sawangan, Depok. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan workshop kepada guru, sehingga mereka dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip growth mindset dalam proses pembelajaran. Dengan mengadopsi pola pikir ini, diharapkan guru mampu menghadapi tantangan dalam mengajar dan meningkatkan motivasi serta prestasi siswa. Dalam konteks pendidikan saat ini, kompetensi profesional guru sangat penting karena berperan sebagai kunci dalam menciptakan generasi yang unggul. Growth mindset mendorong guru untuk terus belajar dan berkembang, menjadikan mereka bukan hanya pengajar tetapi juga pembelajar seumur hidup. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang positif, di mana guru maupun siswa merasa termotivasi untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan, memberikan dampak signifikan bagi kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan dan menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya.

References

Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007). Implicit Theories of Intelligence Predict Achievement Across an Adolescent Transition: A Longitudinal Study and an Intervention. Child Development, 78(1), 246-263.

Cahyono, A. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. Random House.

Dweck, C. S. (2016). Mindset: The New Psychology of Success: How We Can Learn to Fulfill Our Potential. Hachette UK.

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47(4), 303-314.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Djihadah, N., Pratama, A. S., Mau, A. M., Kusuma, A. H., Anhar, A., & Fadlilah, A. N. (2024). Strategi Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Growth Mindset di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 214–222. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45113