Strategi Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Growth Mindset di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45113Keywords:
Pengabdian Kepada Masyarakat, Growth mindset, Kompetensi Profesional Guru, Lembaga PendidikanAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada implementasi growth mindset dalam pendidikan, khususnya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 29 Sawangan, Depok. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan workshop kepada guru, sehingga mereka dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip growth mindset dalam proses pembelajaran. Dengan mengadopsi pola pikir ini, diharapkan guru mampu menghadapi tantangan dalam mengajar dan meningkatkan motivasi serta prestasi siswa. Dalam konteks pendidikan saat ini, kompetensi profesional guru sangat penting karena berperan sebagai kunci dalam menciptakan generasi yang unggul. Growth mindset mendorong guru untuk terus belajar dan berkembang, menjadikan mereka bukan hanya pengajar tetapi juga pembelajar seumur hidup. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang positif, di mana guru maupun siswa merasa termotivasi untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan, memberikan dampak signifikan bagi kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan dan menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya.
References
Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007). Implicit Theories of Intelligence Predict Achievement Across an Adolescent Transition: A Longitudinal Study and an Intervention. Child Development, 78(1), 246-263.
Cahyono, A. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. Random House.
Dweck, C. S. (2016). Mindset: The New Psychology of Success: How We Can Learn to Fulfill Our Potential. Hachette UK.
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47(4), 303-314.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuryati Djihadah, Andy Saputra Pratama, Angela Marisa Mau, Anggana Harja Kusuma, Anhar Anhar, Annisa Nurul Fadlilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.