Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Anti Bullying dan Dampaknya
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45841Keywords:
Bullying, Penyuluhan, ProduktivitasAbstract
Mengacu pada Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitiaan dan pengabdian pada masyarakat, maka hendaknya perguruaan tinggi dapat melaksankan darma tesebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian pada masyarakatsebagai salah satu darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realitis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Program yang kami usulkan berjudul “peningkatan kesadaran siswa akan anti bullying dan dampaknya”. Bentuk dari program ini adalah sosialisasi dan pendampingan kepada siswa agar tidak terlalu anarkis terhadap teman sebayanya dan agar kejadian yang tidak diinginkan terjadi.. Berdasarkan dari beberapa program pengabdian di atas yakni mewujudkan para mahasiswa meningkatkan sinergi pada masyarakat, menerapkan ilmu dan teknologi yang sudah di pelajari. Membantu pemberdayaan anak-anak melalui penerapan hidup sehat dan anti bullying pada anak-anak.. Di harapakan dengan adanya PKM ini medset atau pola pikir dapat berubah dan diterima oleh masyarakat maupun mahasiswa peserta PKM itu sendiri sehingga menjadi individu yang aktif tranpil dan cerdas.
References
Gini, G., Pozzoli, T., & Hymel, S. (2008). Moral disengagement and bullying: A meta-analysis. Aggressive Behavior, 34(5), 516-528.
Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2014). Cyberbullying: Bullying in the digital age (2nd ed.). Wiley-Blackwell.
Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Blackwell Publishing.
Rigby, K. (2008). Children and bullying: How parents and educators can reduce bullying at school. Wiley.
Smokowski, P. R., & Kopasz, K. H. (2005). Bullying in school: An overview of types, effects, family characteristics, and intervention strategies. Children & Schools, 27(2), 101-110.
Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: A systematic and meta-analytic review. Journal of Experimental Criminology, 7(1), 27-56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Widiastuti, Ravandy Andhika Wicaksana, Nabila Nur Aulia, Muhammad Gandung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.