Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Anti Bullying dan Dampaknya

Authors

  • Putri Widiastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ravandy Andhika Wicaksana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nabila Nur Aulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Muhammad Gandung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45841

Keywords:

Bullying, Penyuluhan, Produktivitas

Abstract

Mengacu pada Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitiaan dan pengabdian pada masyarakat, maka hendaknya perguruaan tinggi dapat melaksankan darma tesebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian pada masyarakatsebagai salah satu darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realitis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Program yang kami usulkan berjudul “peningkatan kesadaran siswa akan anti bullying dan dampaknya”. Bentuk dari program ini adalah sosialisasi dan pendampingan kepada siswa agar tidak terlalu anarkis terhadap teman sebayanya dan agar kejadian yang tidak diinginkan terjadi.. Berdasarkan dari beberapa program pengabdian di atas yakni mewujudkan para mahasiswa meningkatkan sinergi pada masyarakat, menerapkan ilmu dan teknologi yang sudah di pelajari. Membantu pemberdayaan anak-anak melalui penerapan hidup sehat dan anti bullying pada anak-anak.. Di harapakan dengan adanya PKM ini medset atau pola pikir dapat berubah dan diterima oleh masyarakat maupun mahasiswa peserta PKM itu sendiri sehingga menjadi individu yang aktif tranpil dan cerdas.

References

Gini, G., Pozzoli, T., & Hymel, S. (2008). Moral disengagement and bullying: A meta-analysis. Aggressive Behavior, 34(5), 516-528.

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2014). Cyberbullying: Bullying in the digital age (2nd ed.). Wiley-Blackwell.

Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Blackwell Publishing.

Rigby, K. (2008). Children and bullying: How parents and educators can reduce bullying at school. Wiley.

Smokowski, P. R., & Kopasz, K. H. (2005). Bullying in school: An overview of types, effects, family characteristics, and intervention strategies. Children & Schools, 27(2), 101-110.

Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: A systematic and meta-analytic review. Journal of Experimental Criminology, 7(1), 27-56.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Widiastuti, P., Wicaksana, R. A., Aulia, N. N., & Gandung, M. (2024). Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Anti Bullying dan Dampaknya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 234–237. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45841