Penerapan Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada SMP YPI Darussalam

Authors

  • Masiika Nabilah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Muhamad Lukman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Seli Pitriyani Hasanudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45845

Keywords:

Manajemen Waktu, Prestasi Belajar, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menganalisis pentingnya penerapan manajemen waktu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP YPI Darussalam yang digunakan peneliti sebagai landasan menyusun instrument penelitian. Manajemen waktu merupakan keterampilan penting yang memungkinkan siswa untuk mengatur waktu aktivitas belajar secara efisien, mendisiplinkan diri, mengatasi hambatan, dan mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil peelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen waktu yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman siswa tentang prioritas dan gangguan dari aktivitas non-akademik dapat diatasi melalui bimbingan yang terarah. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk sekolah dalam mengembangkan program pelatihan manajemen waktu bagi siswa.

References

Anugerah Lumbaa, E., Istianingrum, R., Ramadiansya, W., Febrian, I., Nur Alif, M., & Wulandari, W. (2024). Kegiatan Sosialisasi Mengenai Regulasi dan Keselamatan Berkendara di SMPN 019 Penajam Paser Utara serta Pemasangan Convex Mirror. DEDIKASI PKM, 5(2), 361–366. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38880

Amalia Mulya, A., Rolanda, I., Istikomah, K., & Laksmiwati, M. (2024). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Generasi Z di SMK Insan Kamil Tartila Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 5(2), 398–407. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38966

Fredlina, K. Q., & Arimbawa K., I. B. K. P. (2024). Pelatihan Menuju Generasi Digital yang Paham Netiket di Desa Datah Karangasem. DEDIKASI PKM, 5(3), 629 – 635. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.41886.

Dewi, P. A. C., Fredlina, K. Q., Juliharta, I. G. P. K., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mengembangkan Ide Bisnis Bagi Siswa SMKN 2 Denpasar. DEDIKASI PKM, 5(3), 636 – 642. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.42261

Syawalsa, A. R., & Itryah, I. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang. DEDIKASI PKM, 5(3), 657 – 665. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Nabilah, M., Lukman, M., & Hasanudin, S. P. (2024). Penerapan Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada SMP YPI Darussalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 247–250. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45845