Penerapan Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada SMP YPI Darussalam
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45845Keywords:
Manajemen Waktu, Prestasi Belajar, Siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menganalisis pentingnya penerapan manajemen waktu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP YPI Darussalam yang digunakan peneliti sebagai landasan menyusun instrument penelitian. Manajemen waktu merupakan keterampilan penting yang memungkinkan siswa untuk mengatur waktu aktivitas belajar secara efisien, mendisiplinkan diri, mengatasi hambatan, dan mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil peelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen waktu yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman siswa tentang prioritas dan gangguan dari aktivitas non-akademik dapat diatasi melalui bimbingan yang terarah. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk sekolah dalam mengembangkan program pelatihan manajemen waktu bagi siswa.
References
Anugerah Lumbaa, E., Istianingrum, R., Ramadiansya, W., Febrian, I., Nur Alif, M., & Wulandari, W. (2024). Kegiatan Sosialisasi Mengenai Regulasi dan Keselamatan Berkendara di SMPN 019 Penajam Paser Utara serta Pemasangan Convex Mirror. DEDIKASI PKM, 5(2), 361–366. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38880
Amalia Mulya, A., Rolanda, I., Istikomah, K., & Laksmiwati, M. (2024). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Generasi Z di SMK Insan Kamil Tartila Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 5(2), 398–407. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38966
Fredlina, K. Q., & Arimbawa K., I. B. K. P. (2024). Pelatihan Menuju Generasi Digital yang Paham Netiket di Desa Datah Karangasem. DEDIKASI PKM, 5(3), 629 – 635. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.41886.
Dewi, P. A. C., Fredlina, K. Q., Juliharta, I. G. P. K., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mengembangkan Ide Bisnis Bagi Siswa SMKN 2 Denpasar. DEDIKASI PKM, 5(3), 636 – 642. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.42261
Syawalsa, A. R., & Itryah, I. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang. DEDIKASI PKM, 5(3), 657 – 665. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masiika Nabilah, Muhamad Lukman, Seli Pitriyani Hasanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.