Inovasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Kelestarian Alam

Authors

  • Dharmaningtyas Sri Katon Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Adyarafat Khozin Fayyaadh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aulia Rosmalika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45847

Keywords:

Tridarma, Pengabdian, Metoode

Abstract

Mengacu pada Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitiaan dan pengabdian pada masyarakat, maka hendaknya perguruaan tinggi dapat melaksankan darma tesebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian pada masyarakatsebagai salah satu darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realitis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Program yang kami usulkan berjudul “Inovasi Kurikulum dan Lingkungan: Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Pentingnya Pelajaran Berbasis Kelompok dan Peduli Lingkungan”. Bentuk dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian alam dengan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam proses pembelajaran. Dengan metode berbasis proyek dan kolaborasi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa, memperkuat keterampilan berpikir kritis, dan mendorong partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan.

References

Amalia Mulya, A., Rolanda, I., Istikomah, K., & Laksmiwati, M. (2024). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Generasi Z di SMK Insan Kamil Tartila Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 5(2), 398–407. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38966

Anugerah Lumbaa, E., Istianingrum, R., Ramadiansya, W., Febrian, I., Nur Alif, M., & Wulandari, W. (2024). Kegiatan Sosialisasi Mengenai Regulasi dan Keselamatan Berkendara di SMPN 019 Penajam Paser Utara serta Pemasangan Convex Mirror. DEDIKASI PKM, 5(2), 361–366. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38880

Christopher Bradley Budiono, Rachel Cintantya, Adelynn Regina Gunawan, & Njo Anastasia. (2024). Membangkitkan Minat, Membangun Masa Depan: Pembelajaran Interaktif dengan ’Kebutuhan Keluargaku’ untuk Siswa TK Bina Bunga Bangsa Surabaya. DEDIKASI PKM, 5(2), 433–441. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39009

Dewi, P. A. C., Fredlina, K. Q., Juliharta, I. G. P. K., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mengembangkan Ide Bisnis Bagi Siswa SMKN 2 Denpasar. DEDIKASI PKM, 5(3), 636 – 642. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.42261

Fredlina, K. Q., & Arimbawa K., I. B. K. P. (2024). Pelatihan Menuju Generasi Digital yang Paham Netiket di Desa Datah Karangasem. DEDIKASI PKM, 5(3), 629 – 635. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.41886.

Syawalsa, A. R., & Itryah, I. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang. DEDIKASI PKM, 5(3), 657 – 665. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Katon, D. S., Fayyaadh, A. K., & Rosmalika, A. (2024). Inovasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Kelestarian Alam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 247–255. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45847