Inovasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Kelestarian Alam
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45847Keywords:
Tridarma, Pengabdian, MetoodeAbstract
Mengacu pada Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitiaan dan pengabdian pada masyarakat, maka hendaknya perguruaan tinggi dapat melaksankan darma tesebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian pada masyarakatsebagai salah satu darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realitis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Program yang kami usulkan berjudul “Inovasi Kurikulum dan Lingkungan: Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Pentingnya Pelajaran Berbasis Kelompok dan Peduli Lingkungan”. Bentuk dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian alam dengan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam proses pembelajaran. Dengan metode berbasis proyek dan kolaborasi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa, memperkuat keterampilan berpikir kritis, dan mendorong partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan.
References
Amalia Mulya, A., Rolanda, I., Istikomah, K., & Laksmiwati, M. (2024). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Generasi Z di SMK Insan Kamil Tartila Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 5(2), 398–407. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38966
Anugerah Lumbaa, E., Istianingrum, R., Ramadiansya, W., Febrian, I., Nur Alif, M., & Wulandari, W. (2024). Kegiatan Sosialisasi Mengenai Regulasi dan Keselamatan Berkendara di SMPN 019 Penajam Paser Utara serta Pemasangan Convex Mirror. DEDIKASI PKM, 5(2), 361–366. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38880
Christopher Bradley Budiono, Rachel Cintantya, Adelynn Regina Gunawan, & Njo Anastasia. (2024). Membangkitkan Minat, Membangun Masa Depan: Pembelajaran Interaktif dengan ’Kebutuhan Keluargaku’ untuk Siswa TK Bina Bunga Bangsa Surabaya. DEDIKASI PKM, 5(2), 433–441. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39009
Dewi, P. A. C., Fredlina, K. Q., Juliharta, I. G. P. K., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mengembangkan Ide Bisnis Bagi Siswa SMKN 2 Denpasar. DEDIKASI PKM, 5(3), 636 – 642. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.42261
Fredlina, K. Q., & Arimbawa K., I. B. K. P. (2024). Pelatihan Menuju Generasi Digital yang Paham Netiket di Desa Datah Karangasem. DEDIKASI PKM, 5(3), 629 – 635. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.41886.
Syawalsa, A. R., & Itryah, I. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang. DEDIKASI PKM, 5(3), 657 – 665. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmaningtyas Sri Katon, Adyarafat Khozin Fayyaadh, Aulia Rosmalika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.