Pendampingan Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46204Keywords:
Pengabdian Kepada Masyarakat, Media Sosial, Lembaga PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan penggunaan media sosial terhadap pembentukan karakter siswa di SMK YAPIA Parung. Dalam era digital saat ini, media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan siswa. Namun, pemanfaatan media sosial yang tidak bijak dapat berdampak negatif terhadap perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada pendampingan kepada siswa dalam menggunakan media sosial secara positif dan produktif. Kegiatan pendampingan dilakukan melalui workshop, pelatihan, dan pembelajaran langsung mengenai etika penggunaan media sosial, dampak positif dan negatifnya, serta bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mendukung pembentukan karakter yang baik. Pendampingan ini melibatkan guru, orang tua, dan siswa sebagai peserta aktif yang bekerja sama untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat di sekolah. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatan kesadaran siswa tentang pentingnya etika berinteraksi di dunia maya, serta kemampuan mereka untuk menggunakan media sosial secara lebih bijak, yang pada gilirannya dapat mendukung pembentukan karakter yang positif. Diharapkan bahwa pengabdian ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang media sosial, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan etika yang sesuai dengan perkembangan teknologi.
References
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership. Psychology Press.
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship.
Greenleaf, R. K. (1977). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
Junco, R. (2012). The relationship between Facebook use and academic performance. Computers in Human Behavior, 28(1), 187-198.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Sage publications. Rheingold, H. (2012). Net Smart: How to Thrive Online. MIT Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jaenal Arifin, Irfan Fauzi, Trisman Johan Abdi Giawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.