Pendampingan Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Generasi Milenial

Authors

  • Jaenal Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Irfan Fauzi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Trisman Johan Abdi Giawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46204

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Media Sosial, Lembaga Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan penggunaan media sosial terhadap pembentukan karakter siswa di SMK YAPIA Parung. Dalam era digital saat ini, media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan siswa. Namun, pemanfaatan media sosial yang tidak bijak dapat berdampak negatif terhadap perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada pendampingan kepada siswa dalam menggunakan media sosial secara positif dan produktif. Kegiatan pendampingan dilakukan melalui workshop, pelatihan, dan pembelajaran langsung mengenai etika penggunaan media sosial, dampak positif dan negatifnya, serta bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mendukung pembentukan karakter yang baik. Pendampingan ini melibatkan guru, orang tua, dan siswa sebagai peserta aktif yang bekerja sama untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat di sekolah. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatan kesadaran siswa tentang pentingnya etika berinteraksi di dunia maya, serta kemampuan mereka untuk menggunakan media sosial secara lebih bijak, yang pada gilirannya dapat mendukung pembentukan karakter yang positif. Diharapkan bahwa pengabdian ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang media sosial, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan etika yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership. Psychology Press.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship.

Greenleaf, R. K. (1977). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.

Junco, R. (2012). The relationship between Facebook use and academic performance. Computers in Human Behavior, 28(1), 187-198.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Sage publications. Rheingold, H. (2012). Net Smart: How to Thrive Online. MIT Press

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Arifin, J., Fauzi, I., & Giawa, T. J. A. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Generasi Milenial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 274–276. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46204