Pendampingan Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Karakteristik di Era Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46206Keywords:
Media Sosial, Penggunaan Bijak, Perundungan, Etika Digital, Perkembangan KarakterAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan media sosial berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari, terutama bagi remaja dan siswa. Media sosial memberikan sarana komunikasi, interaksi, dan akses informasi, tetapi penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak negatif seperti perundungan, kecanduan digital, dan perbandingan sosial yang tidak sehat yang mempengaruhi perkembangan karakter remaja. Oleh karena itu, edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak penting dilakukan, khususnya bagi siswa SMK YAPIA Parung, agar mereka bisa memanfaatkannya secara positif dalam membangun karakter yang baik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membimbing siswa SMK YAPIA Parung dalam menggunakan media sosial secara bijak dan produktif sambil membangun karakter positif seperti tanggung jawab, percaya diri, dan komunikasi efektif. Kegiatan ini berupa ceramah, diskusi kelompok, simulasi kasus, dan workshop praktis untuk membekali keterampilan membangun citra diri yang positif dan menghindari perilaku negatif. Program ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika digital serta mempererat kerja sama antara lembaga pendidikan dan masyarakat
References
Gandung, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 5968.https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311. https://doi.org/10.3390/ijerph14030311
Suwanto, S., Eka, P. D., Juanda, A., Gandung, M., & Kurniawan, P. (2020). Pengelolaan Kewirausahaan di Era 4g untuk Peningkatan Kesejahteraan di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang Banten. Dedikasi PKM, 1(3), 103-108.
UNESCO. (2020). Digital literacy: A global imperative. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://www.unesco.org/en/digital-literacy
Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2011). Online communication among adolescents: An integrated model of its attraction, opportunities, and risks. Current Directions in Psychological Science, 20(2), 119-123. https://doi.org/10.1177/0963721411402479
We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2023: Global overview report. We Are Social. https://wearesocial.com/digital-2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yodianto Zebua, Iman Setia J Telaumbanua, Alrendo Santo Sarumaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.