Pendampingan Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Karakteristik di Era Teknologi

Authors

  • Yodianto Zebua Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Iman Setia J Telaumbanua Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Alrendo Santo Sarumaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46206

Keywords:

Media Sosial, Penggunaan Bijak, Perundungan, Etika Digital, Perkembangan Karakter

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan media sosial berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari, terutama bagi remaja dan siswa. Media sosial memberikan sarana komunikasi, interaksi, dan akses informasi, tetapi penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak negatif seperti perundungan, kecanduan digital, dan perbandingan sosial yang tidak sehat yang mempengaruhi perkembangan karakter remaja. Oleh karena itu, edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak penting dilakukan, khususnya bagi siswa SMK YAPIA Parung, agar mereka bisa memanfaatkannya secara positif dalam membangun karakter yang baik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membimbing siswa SMK YAPIA Parung dalam menggunakan media sosial secara bijak dan produktif sambil membangun karakter positif seperti tanggung jawab, percaya diri, dan komunikasi efektif. Kegiatan ini berupa ceramah, diskusi kelompok, simulasi kasus, dan workshop praktis untuk membekali keterampilan membangun citra diri yang positif dan menghindari perilaku negatif. Program ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika digital serta mempererat kerja sama antara lembaga pendidikan dan masyarakat

References

Gandung, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 5968.https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311. https://doi.org/10.3390/ijerph14030311

Suwanto, S., Eka, P. D., Juanda, A., Gandung, M., & Kurniawan, P. (2020). Pengelolaan Kewirausahaan di Era 4g untuk Peningkatan Kesejahteraan di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang Banten. Dedikasi PKM, 1(3), 103-108.

UNESCO. (2020). Digital literacy: A global imperative. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://www.unesco.org/en/digital-literacy

Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2011). Online communication among adolescents: An integrated model of its attraction, opportunities, and risks. Current Directions in Psychological Science, 20(2), 119-123. https://doi.org/10.1177/0963721411402479

We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2023: Global overview report. We Are Social. https://wearesocial.com/digital-2023

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Zebua, Y., Telaumbanua, I. S. J., & Sarumaha, A. S. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Karakteristik di Era Teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 281–284. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46206