Peningkatan Pendapatan Warga Melalui Strategi Pemasaran Kreatif Produk Bank Sampah di Kelurahan Bedahan, Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46600Keywords:
Bank Sampah, Pemasaran Kreatif, Peningkatan Pendapatan, Kelurahan Bedahan, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan warga Kelurahan Bedahan, Depok, melalui optimalisasi pengelolaan bank sampah dengan strategi pemasaran kreatif. Bank sampah di Kelurahan Bedahan berfungsi sebagai lembaga yang mengelola sampah dari rumah tangga, mengubahnya menjadi produk bernilai ekonomi, seperti kerajinan tangan dan kompos. Meskipun telah beroperasi, potensi peningkatan pendapatan dari bank sampah masih belum maksimal karena minimnya pengetahuan warga terkait pemasaran produk. Melalui program ini, warga diberikan pelatihan dan pendampingan dalam mengembangkan strategi pemasaran kreatif, seperti penggunaan media sosial, pengemasan produk yang menarik, serta pemanfaatan e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, workshop pemasaran digital, dan pendampingan praktis dalam pengelolaan bisnis bank sampah. Selain itu, program ini juga melibatkan simulasi penjualan dan kolaborasi dengan komunitas pengrajin lokal serta pengusaha mikro. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman warga tentang pemasaran produk yang efektif serta kenaikan volume penjualan produk bank sampah. Partisipasi warga dalam program ini juga berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah berbasis lingkungan. Diharapkan dengan adanya peningkatan keterampilan pemasaran, produk bank sampah Kelurahan Bedahan dapat lebih dikenal secara luas dan memberikan dampak positif terhadap pendapatan keluarga serta keberlanjutan lingkungan.
References
Amirudin, A., Purnama, A., & Yusuf, A. (2024). Pelatihan Keterampilan Pemasaran Kreatif Bagi Umkm Sablon Dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Konten Visual Pada Warga Jl. Edelwis Pamulang Tangerang Selatan. AMANAH MENGABDI, 1(1), 58-61.
Anggriani, R., Anggrawan, A., Dasriani, G. A., Sidharta, R. B. F. I., Awanta, D., & Gunawan, J. S. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan Jajanan Lokal UMKM di Kota Mataram. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 149-156.
Aziz, T. A., Maarif, M. S., & Sukmawati, A. (2017). Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi terhadap Kinerja. 3(2), Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 246–253
Azizah, N., Carolina, P. S., & Alfaizi, M. R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(2), 87-98.
Chesanti, P. C., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap. Kepuasan Pelanggan sebagai Pengguna Aplikasi PLN Mobile.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks. Kotler dan Gary Amstrong.
Lu'lu'Innida, L., Aisyi, N. R., Limaran, K., Widihastuti, R. A., & Suryono, S. (2024). Pengenalan Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Lokal Jahe Instan Desa Banjarsari. Jurnal Bina Desa, 6(2), 198-204.
Novia, R. P., Rachman, R., Hamida, L., Sari, P. A. P., HRM, F. A., & Rahman, E. A. (2022). STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENETAPAN PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KAFE FORTUNA DI SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(12), 2463-2470.
Pricilla, L., Octaviani, I. S., Karolina, K., Faisal, F., & Purnama, A. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Kue Tradisional pada Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Dedikasi PKM, 1(3), 120-125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Yusuf, Kiki Dwi Wijayanti, Aan Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.