Pengaruh Konseling Pemilihan Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46716Keywords:
Konseling, Pemilihan Perguruan Tinggi, Siswa Kelas XII, MA Manbaul UlumAbstract
Kegiatan ini menganalisis tentang pengaruh konseling pemilihan perguruan tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Pamulang pada siswa kelas XII IPA di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum. Konseling pemilihan perguruan tinggi dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan siswa kelas XII dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Melalui metode pendekatan partisipatif dan edukatif, program ini mencakup lokakarya, sesi konseling individu, simulasi seleksi, serta pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses informasi. Sasaran program mencakup siswa dari berbagai latar belakang, termasuk yang memiliki keterbatasan akses pendidikan. Hasil yang diharapkan meliputi peningkatan kesadaran siswa terhadap peluang pendidikan tinggi, penyusunan rencana karier yang matang, serta kesiapan menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual, program ini mendukung pengembangan potensi siswa secara menyeluruh, menjembatani kesenjangan akses pendidikan, dan mendorong kontribusi positif bagi masyarakat.
References
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 24-34.
Madjid, N. (2013). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Nikmarijal, & Ahmad, B. (2023). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 361-368.
Nikmarijal, & Ahmad, B. (2023). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 361-368.
Prayitno. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2009). Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Selvia, M., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling: A Systematice Literature Review (SLR). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 267-281.
Selvia, M., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling: A Systematice Literature Review (SLR). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 267-281.
Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarso, B. (2023). Teori Kepemimpinan. Yogyakarta: CV Madani Berkah Abadi.
Wahjono, S. I. (2022). Budaya Organisasi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Winkel, W. (2012). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Yusuf, S. (2015). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zarkasyi, A. (2012). Pendidikan Pesantren dalam Arus Modernisasi. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Utaminingsih, Saiful Anwar, E Nurzaman, Tirta Samudera, Wahyu Kurniawan, Wiwin Widyati, Yanto Sugianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.