Pengaruh Konseling Pemilihan Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII

Authors

  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang
  • Saiful Anwar Universitas Pamulang
  • E Nurzaman Universitas Pamulang
  • Tirta Samudera Universitas Pamulang
  • Wahyu Kurniawan Universitas Pamulang
  • Wiwin Widyati Universitas Pamulang
  • Yanto Sugianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46716

Keywords:

Konseling, Pemilihan Perguruan Tinggi, Siswa Kelas XII, MA Manbaul Ulum

Abstract

Kegiatan ini menganalisis tentang pengaruh konseling pemilihan perguruan tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Pamulang pada siswa kelas XII IPA di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum. Konseling pemilihan perguruan tinggi dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan siswa kelas XII dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Melalui metode pendekatan partisipatif dan edukatif, program ini mencakup lokakarya, sesi konseling individu, simulasi seleksi, serta pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses informasi. Sasaran program mencakup siswa dari berbagai latar belakang, termasuk yang memiliki keterbatasan akses pendidikan. Hasil yang diharapkan meliputi peningkatan kesadaran siswa terhadap peluang pendidikan tinggi, penyusunan rencana karier yang matang, serta kesiapan menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual, program ini mendukung pengembangan potensi siswa secara menyeluruh, menjembatani kesenjangan akses pendidikan, dan mendorong kontribusi positif bagi masyarakat.

References

Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 24-34.

Madjid, N. (2013). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Nikmarijal, & Ahmad, B. (2023). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 361-368.

Nikmarijal, & Ahmad, B. (2023). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 361-368.

Prayitno. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2009). Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Selvia, M., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling: A Systematice Literature Review (SLR). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 267-281.

Selvia, M., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling: A Systematice Literature Review (SLR). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 267-281.

Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarso, B. (2023). Teori Kepemimpinan. Yogyakarta: CV Madani Berkah Abadi.

Wahjono, S. I. (2022). Budaya Organisasi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Winkel, W. (2012). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, S. (2015). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zarkasyi, A. (2012). Pendidikan Pesantren dalam Arus Modernisasi. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Utaminingsih, S., Anwar, S., Nurzaman, E., Samudera, T., Kurniawan, W., Widyati, W., & Sugianto, Y. (2024). Pengaruh Konseling Pemilihan Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(4), 343–354. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46716