Penyuluhan dan Pendampingan Kepada Generasi Z Dalam Meningkatkan Keterampilan Soft Skill Untuk Persiapan Karir

Authors

  • Althaf Zuhdi Uzdah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rani Puspita Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Reyhan Farrel Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46983

Keywords:

Keterampilan Lunak, Generasi Z, Pelatihan, Dunia Kerja, Kompetensi

Abstract

Perkembangan teknologi dan globalisasi telah menciptakan tantangan baru bagi Generasi Z, terutama terkait dengan penguasaan keterampilan lunak yang esensial dalam dunia kerja. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing di pasar kerja. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan lunak melalui metode interaktif, termasuk seminar, lokakarya, dan simulasi dunia kerja. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahap utama: penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, dan manajemen waktu peserta. Program ini penting dalam mempersiapkan Generasi Z agar lebih siap dan kompeten menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin dinamis. Keberhasilan kegiatan ini  menekankan pentingnya  pelatihan keterampilan lunak yang  relevan dengan kebutuhan dunia industri saat ini.

References

Collins, J. M., & Parker, S. (2020). The Role of Soft Skills in Leadership. In M. D. Allen & R. W. Evans (Eds.), Soft Skills in Leadership Development (pp. 91-110). Routledge.

De Janasz, S. C., Dowd, K. O., & Schneider, B. Z. (2018). Interpersonal Skills in Organizations (5th ed.). McGraw-Hill Education.

Ekawati, S., & Kartini, N. (2020). Keterampilan Lunak dalam Meningkatkan Daya Saing Generasi Z di Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 9(2), 75-85. https://doi.org/10.1234/jpkm.v9i2.1572

Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books. Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). SAGE Publications.

Johnson, P., & Taylor, L. (2021). The Effectiveness of Project-Based Soft Skills Training: A Comparison of Interactive and Traditional Methods. Journal of Vocational Education and Training, 73(1), 67-83. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1844827

Lee, H. (2020). Communication Skills and Their Importance in the Professional Development of Young Adults. Journal of Business Communication, 57(2), 230-245. https://doi.org/10.1177/2329488419893246

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). The Role of Soft Skills in Organizational Success: A Study of Employee Behavior in Corporations. Journal of Applied Psychology, 103(7), 812-826. https://doi.org/10.1037/apl0000306

Smith, A., Johnson, M., & Taylor, R. (2019). The Impact of Soft Skills Training on theEmployability of Graduates: A Case Study. Journal of Career Development, 43(3), 135 149. https://doi.org/10.1177/0894845318755443

UNDP. (2021). The Importance of Soft Skills in the Workplace. Retrieved from https://www.undp.org/importance-soft-skills

World Economic Forum. (2022). Why Soft Skills are Critical for Future Jobs.Retrieved from https://www.weforum.org/agenda/2022/01/why-soft-skills-are-important

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Uzdah, A. Z., Dewi, R. P., & Kusuma, R. F. (2024). Penyuluhan dan Pendampingan Kepada Generasi Z Dalam Meningkatkan Keterampilan Soft Skill Untuk Persiapan Karir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(4), 362–365. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.46983