Analisis Dampak Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa pada Kelas SMA Muhammadiyah Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47258Keywords:
Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, SiswaAbstract
Lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam memengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Muhammadiyah Parung. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah yang bersih, aman, dan mendukung proses belajar mengajar secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Sebaliknya, lingkungan yang kurang kondusif dapat menurunkan minat siswa dalam belajar. Studi ini menegaskan pentingnya peran sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
References
Arifin, M. (2019). "Pengelolaan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Belajar." Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(2), 76-83.
Barokah, Awalina., Rahmawati, Aliya., Fatmawati, Nadhia., Komariyah, Siti., (2024). Studi Literatur: Analisis Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4808-4813.
Fahmi, Ismail. (2019). Analisis Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Kognitif Siswa pada Muatan IPS Siswa Kelas V SDN Sarirejo 2 (Skripsi Sarjana, Univeritas Islam Sultan Agung).
Nurhayati, R. (2022). "Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 123-130.
Setiawan, B. (2021). "Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(1), 67-75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.