Penerapan Pelatihan Soft Skills untuk Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Siswa di SMA Muhammadiyah Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47259Keywords:
Soft Skills, Kepemimpinan, Siswa, Pelatihan, Pengembangan DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pelatihan soft skills sebagai upaya meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa di SMA Muhammadiyah Parung. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus diterapkan, melibatkan 30 siswa sebagai peserta pelatihan. Program pelatihan mencakup komunikasi efektif, manajemen konflik, kerja sama tim, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan kepemimpinan siswa setelah pelatihan, yang diukur melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Program ini juga berkontribusi pada pengembangan kepercayaan diri dan kemampuan interpersonal siswa. Penelitian ini merekomendasikan pelaksanaan pelatihan soft skills secara berkelanjutan untuk mendukung pengembangan pemimpin masa depan yang kompeten dan adaptif.
References
Agustina, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Soft Skills terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 120-130.
Azizah, N. (2019). Strategi Pengembangan Soft Skills di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 45-52.
Nugroho, S. (2022). Peran Soft Skills dalam Pembentukan Pemimpin Masa Depan. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia, 10(4), 255-267.
Sari, M. (2021). Efektivitas Pelatihan Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 11(1), 15-25
Fauzan, H. (2017). Implementasi Pendidikan Soft Skills di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 89-98.
Leuwol, N. V., Gasperzs, S., & Wonmaly, W. (2023). Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Etika, Bagi Anak Dan Remaja Di Panti Asuhan Pelangi III, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.