Pentingnya Literasi Keuangan Pada Generasi Z (Studi Pada Siswa SMA Muhammadiyah Parung)
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47263Keywords:
Financial Literacy, Personal Finance, Financial TechnologyAbstract
Era digitalisasi ekonomi telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi Gen Z dan Milenial. Meskipun teknologi telah mempermudah akses terhadap berbagai layanan keuangan, tantangan literasi keuangan masih menjadi isu utama. Financial Fitness Index OCBC NISP menunjukkan bahwa meskipun generasi muda Indonesia, yang sebagian besar terdiri dari Generasi Z, melek teknologi dan aktif secara finansial, namun tingkat literasi keuangan mereka masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat kepemilikan kartu kredit, namun pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan seperti tabungan, pinjaman, asuransi, dan investasi masih kurang. Dengan Gen Z yang kini berjumlah 75,49 juta orang, penting bagi pemerintah untuk terus mendorong langkah-langkah literasi keuangan untuk membantu generasi ini mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan menghindari konsumerisme yang berlebihan. Pendidikan yang lebih baik diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan mereka.
References
Avrist. (2020, January 31). Generation Gap: Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z. https://avrist.com/lifeguide/2020/01/31/pengelolaankeuangan-milenial-dan-gen-z-generation-gap/
Chen, H., & Volpe, R. (1998a). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1057081099800 067
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998b). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128
Bassa Scheresberg, C. (2013). Financial literacy and financial behavior among young adults: Evidence and implications. Numeracy, 6(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.6.2.5
Friedline, T., & West, S. (2016). Financial Education is not Enough: Millennials May Need Financial Capability to Demonstrate Healthier Financial Behaviors. Journal of Family and Economic Issues, 37(4), 649– 671. https://doi.org/10.1007/S10834-015-9475-Y/TABLES/7
Investor Daily - Informasi Bisnis dan Pasar Modal. (n.d.). Retrieved May 10, 2023, from https://investor.id/
Kojo Oseifuah, E. (2010). Financial literacy and youth entrepreneurship in South Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 1(2), 164–182. https://doi.org/10.1108/20400701011073473/FULL/XM
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/JPAK.V9N1.P131-139
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: an overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497–508. https://doi.org/10.1017/S1474747211000448
Mottola, G. R. (2014). The financial capability of young adults—A generational view. FINRA: Foundation Financial Capability Insight, 3, 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.