Pentingnya Literasi Keuangan Pada Generasi Z (Studi Pada Siswa SMA Muhammadiyah Parung)

Authors

  • Mayang Aura Valerie Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Riska Amanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Zenita Aulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47263

Keywords:

Financial Literacy, Personal Finance, Financial Technology

Abstract

Era digitalisasi ekonomi telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi Gen Z dan Milenial. Meskipun teknologi telah mempermudah akses terhadap berbagai layanan keuangan, tantangan literasi keuangan masih menjadi isu utama. Financial Fitness Index OCBC NISP menunjukkan bahwa meskipun generasi muda Indonesia, yang sebagian besar terdiri dari Generasi Z, melek teknologi dan aktif secara finansial, namun tingkat literasi keuangan mereka masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat kepemilikan kartu kredit, namun pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan seperti tabungan, pinjaman, asuransi, dan investasi masih kurang. Dengan Gen Z yang kini berjumlah 75,49 juta orang, penting bagi pemerintah untuk terus mendorong langkah-langkah literasi keuangan untuk membantu generasi ini mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan menghindari konsumerisme yang berlebihan. Pendidikan yang lebih baik diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan mereka.

References

Avrist. (2020, January 31). Generation Gap: Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z. https://avrist.com/lifeguide/2020/01/31/pengelolaankeuangan-milenial-dan-gen-z-generation-gap/

Chen, H., & Volpe, R. (1998a). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1057081099800 067

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998b). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128

Bassa Scheresberg, C. (2013). Financial literacy and financial behavior among young adults: Evidence and implications. Numeracy, 6(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.6.2.5

Friedline, T., & West, S. (2016). Financial Education is not Enough: Millennials May Need Financial Capability to Demonstrate Healthier Financial Behaviors. Journal of Family and Economic Issues, 37(4), 649– 671. https://doi.org/10.1007/S10834-015-9475-Y/TABLES/7

Investor Daily - Informasi Bisnis dan Pasar Modal. (n.d.). Retrieved May 10, 2023, from https://investor.id/

Kojo Oseifuah, E. (2010). Financial literacy and youth entrepreneurship in South Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 1(2), 164–182. https://doi.org/10.1108/20400701011073473/FULL/XM

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/JPAK.V9N1.P131-139

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: an overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497–508. https://doi.org/10.1017/S1474747211000448

Mottola, G. R. (2014). The financial capability of young adults—A generational view. FINRA: Foundation Financial Capability Insight, 3, 1–12.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Valerie, M. A., Amanda, R., & Aulia, Z. (2024). Pentingnya Literasi Keuangan Pada Generasi Z (Studi Pada Siswa SMA Muhammadiyah Parung). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(4), 418–420. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47263