Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Sma Melalui Edukasi Pengelolaan Uang Saku di SMA Muhammadiyah Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47265Keywords:
: Literasi Keuangan, Siswa SMA, Pengelolaan Uang SakuAbstract
Peningkatan literasi keuangan merupakan kebutuhan mendesak di kalangan siswa SMA sebagai bagian dari upaya mempersiapkan generasi muda yang mampu mengelola keuangan secara bijak. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Parung melalui kegiatan edukasi pengelolaan uang saku. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya perencanaan keuangan, pengendalian pengeluaran, serta penerapan kebiasaan menabung. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, diskusi kelompok, dan simulasi pengelolaan keuangan sehari-hari. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terkait literasi keuangan, yang ditandai dengan kemampuan merancang anggaran sederhana dan pengendalian pengeluaran secara lebih disiplin. Program ini juga memperlihatkan dampak positif dalam membangun kesadaran siswa akan pentingnya literasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Edukasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang berkelanjutan untuk menciptakan generasi muda yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan pribadi.
References
Atkiinson, A.; Messy, F. (2013). PROMOTING FINANCIAL INCLUSION THROUGH FINANCIAL EDUCATION.pdf. OECD Publishing, 34(34), 1–53. http://doi.org/10.1787/5k3xz6m88smp-en
Demirgüç-Kunt, A., & Klapper, L. (2013). Measuring Financial Inclusion : Explaining Variation in Use of Financial Services across and within Countries, (Spring 2013), 279–321. http://doi.org/10.1353/eca.2013.0002
Dienillah, A. A. ., & Anggraeni, L. (2016). Dampak inklusi keuangan terhadap stabilitas sistem keuangan di asia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 18, 409–430.
Grohmann, A., Klühs, T., & Menkhoff, L. (2018). Does financial literacy improve financial inclusion ? Cross country evidence. World Development, 111, 84–96. http://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.06.020
Han, R., & Melecky, M. (2015). Financial Inclusion and Financial Stability : Can Broader Use of Deposits Boost Resilience of Bank Funding ? *, 0–35.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). of Financial Literacy : Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 1–40.
OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)-/SNLKI (Revisit 2017)-new.pdf
Setiaji, K., Mustofa, U., & Feriady, M. (2020). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi Guru Perbankan Syariah, 4(1), 85–94.
World Bank. (2017). Financial Inclusion. Retrieved February 15, 2018, from http://www.worldbank.org/en/topic/financialinclusion/overview
Bank Indonesia. (2017). Keuangan Inklusif. Retrieved February 17, 2018, from http://www.bi.go.id/id/perbankan/keuanganinklusif/Indonesia/Contents/Default.aspx
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.