Edukasi Literasi Keuangan Untuk Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Siswa SMA Muhammadiyah Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i4.47266Keywords:
Literasi Keuangan, MenabungAbstract
Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh program edukasi literasi keuangan terhadap pemahaman dan kesadaran siswa SMA Muhammadiyah Parung mengenai pentingnya menabung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam sikap dan perilaku siswa terkait pengelolaan keuangan pribadi. Sebelum mengikuti program, sebagian besar siswa tidak memiliki kebiasaan menabung dan kurang memahami pentingnya perencanaan keuangan. Namun, setelah mengikuti edukasi, siswa mulai menunjukkan keinginan untuk menabung secara teratur, merencanakan anggaran pribadi, dan lebih berhati-hati dalam pengeluaran. Program ini berhasil menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menabung dan pengelolaan keuangan jangka panjang, yang diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka dan memberikan dampak positif untuk masa depan keuangan mereka.
References
Busyro, W., Abunawas, R., Septianingsih, R., & Wahdi Elsye, M. A. (2018). Literasi keuangan syariah bagi guru dan siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1), 5-9. ISSN: 2550-0198.
Ernayani, R., Zulaecha, H. E., Rachmania, D., Alfiana, & Hakim, M. Z. (2024). Edukasi literasi keuangan bagi masyarakat: Membangun kemandirian finansial. I-Com:Indonesian Community Journal, 4(3), 1713-1722.
Iskurniawan, S.P. (2024). Literasi Finansial Siswa: Mengelola Uang Saku dengan Bijak - Panduan bagi Siswa SMA dan SMK. Asadel Publisher.
Kurnia, W. I., Kia, Y. M., Kisanjani, A., Rahman, N. N., & Puji, A. A. (2022). Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini Pada Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Universitas Muhammadiyah Riau, 8(2).
Kusumaningtuti, S. S. (2024). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Mardiyah, S. (2024). Pengaruh Kurangnya Pengetahuan Dan Kebiasaan Menabung Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi di Kalangan Pelajar.Ekspresi:Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1(4), 86-91.
Riani, D., Ajmilah, W., Falma, N., & Afrianto, Y. (2024). Gerakan literasi keuangan melalui media menabung sejak dini.SINKRON:Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 2(2), 147-160.
Sarsono, I., Istiqomah, E., Kustiyah, E., Prasetya, S. A., Rafli, M., & Lestari, D. (2023). Literasi keuangan melalui gemar menabung pada anak sejak dini di SD Negeri 1 Duwet Kelurahan Duwet Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo.BAKTI BANUA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 10-15.
Siti Resmi, Reza Widhar Pahlevi, Intan Kusumawati, & Damar Prasetyo (2023). Literasi Kewirausahaan dan Keuangan: Menguatkan Sikap dan Kompetensi Berwirausaha. Penerbit Salemba.
Yossinomita, M., Mardiana, R., Saputra, M. H., Hassandi, I., Rahman, A. A., Yonatan, T. A., & Yamir, S. N. (2024). Edukasi literasi keuangan pada siswa dan siswi SMAN 12 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 3(1), 40-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.