Pelatihan Menciptakan Lingkungan Belajar Positif Dengan Menjaga Kesehatan Mental Generasi Z

Authors

  • Nawal Adinda Febriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sastyaviani Dwi Aprilliyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Tiara Davina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v5i1.47269

Keywords:

Lingkungan Belajar Positif, Kesehatan Mental, Generasi Z

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung kesehatan mental bagi generasi Z. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang cepat, generasi Z menghadapi tantangan besar dalam menjaga keseimbangan emosional dan mental mereka, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan belajar yang negatif dapat memengaruhi perkembangan mental dan akademis mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan keterampilan dalam menciptakan suasana yang mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Pelatihan ini mencakup strategi dalam mengelola stres, meningkatkan komunikasi yang efektif, serta menciptakan ruang yang aman dan inklusif. Peserta juga diajarkan untuk mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental dan cara memberikan dukungan yang tepat. Dengan pendekatan berbasis mindfulness dan teknik relaksasi, diharapkan peserta dapat membangun hubungan yang lebih sehat antara siswa dan pengajar, serta menciptakan atmosfer belajar yang lebih positif dan produktif. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah terciptanya lingkungan pendidikan yang lebih mendukung kesehatan mental generasi Z, sehingga mereka dapat mencapai potensi maksimal dalam belajar dan kehidupan mereka.

References

Duffy, M. (2019). Mental health and the learning environment: Understanding and supporting young learners. Routledge.

Dwinell, M. (2018). Mindfulness and mental health in Generation Z: Practical techniques for educators. The Journal of School Health, 88(9), 669-674.

Harten, N., & Peters, M. (2020). Supporting mental health in schools: A guide for teachers and school leaders. Springer.

Seidman, E. (2021). The impact of stress on learning in Generation Z: Strategies for educators. Journal of Educational Psychology, 113(5), 876-890.

Smith, L., & Wilson, A. (2022). Promoting positive mental health in classrooms: Strategies for teachers. Educational Psychology Review, 34(2), 215-229.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Febriyanti, N. A., Aprilliyanti, S. D., & Davina, T. (2025). Pelatihan Menciptakan Lingkungan Belajar Positif Dengan Menjaga Kesehatan Mental Generasi Z. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 5(1), 47–50. https://doi.org/10.32493/kmm.v5i1.47269