Pelatihan Menciptakan Lingkungan Belajar Positif Dengan Menjaga Kesehatan Mental Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v5i1.47269Keywords:
Lingkungan Belajar Positif, Kesehatan Mental, Generasi ZAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung kesehatan mental bagi generasi Z. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang cepat, generasi Z menghadapi tantangan besar dalam menjaga keseimbangan emosional dan mental mereka, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan belajar yang negatif dapat memengaruhi perkembangan mental dan akademis mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan keterampilan dalam menciptakan suasana yang mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Pelatihan ini mencakup strategi dalam mengelola stres, meningkatkan komunikasi yang efektif, serta menciptakan ruang yang aman dan inklusif. Peserta juga diajarkan untuk mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental dan cara memberikan dukungan yang tepat. Dengan pendekatan berbasis mindfulness dan teknik relaksasi, diharapkan peserta dapat membangun hubungan yang lebih sehat antara siswa dan pengajar, serta menciptakan atmosfer belajar yang lebih positif dan produktif. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah terciptanya lingkungan pendidikan yang lebih mendukung kesehatan mental generasi Z, sehingga mereka dapat mencapai potensi maksimal dalam belajar dan kehidupan mereka.
References
Duffy, M. (2019). Mental health and the learning environment: Understanding and supporting young learners. Routledge.
Dwinell, M. (2018). Mindfulness and mental health in Generation Z: Practical techniques for educators. The Journal of School Health, 88(9), 669-674.
Harten, N., & Peters, M. (2020). Supporting mental health in schools: A guide for teachers and school leaders. Springer.
Seidman, E. (2021). The impact of stress on learning in Generation Z: Strategies for educators. Journal of Educational Psychology, 113(5), 876-890.
Smith, L., & Wilson, A. (2022). Promoting positive mental health in classrooms: Strategies for teachers. Educational Psychology Review, 34(2), 215-229.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nawal Adinda Febriyanti, Sastyaviani Dwi Aprilliyanti, Tiara Davina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.