ANALISIS GETARAN PADA SUSPENSI RODA DEPAN KENDARAAN RODA TIGA TEKNIK MESIN UNPAM DENGAN VARIASI BEBAN DAN KECEPATAN

Authors

  • Novianto Wardiman Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Mohamad Sjahmanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang

Keywords:

Getaran, Suspensi, Acceleration, Velocity, Frekuensi Natural

Abstract

Getaran adalah gerakan berosilasi dari sistem mekanis serta kondisi-kondisi dinamisnya. Bagian terpenting dalam menahan getaran berlebih akibat permukaan jalan yang tidak rata adalah kekakuan dan nilai redaman yang tepat. Oleh sebab itu, faktor kenyamanan berkendara tergantung pada kekakuan pegas dan konstanta redaman yang digunakan pada sistem suspensi. Pengukuran getaran pada suspensi dilakukan dengan cara menempelkan transducer pada sistem kemudi kendaraan roda tiga. Pengukuran dilakukan dengan variasi kecepatan 15 km/jam, 25 km/jam, 35 km/jam dan variasi beban 210 kg, 270 kg, 330 kg. Hasil Pengukuran getaran menggunakan vibration meter Lutron VB-8202 bahwa nilai getaran terendah dalam mode acceleration sebesar 1,1 m/s2 pada kecepatan 15 km/jam dengan beban 270 kg dan tertinggi sebesar 4,3 m/s2 pada kecepatan 35 km/jam dengan beban 270 kg. Selanjutnya nilai getaran terendah dalam mode velocity sebesar 26,7 mm/s, pada kecepatan 15 km/jam dengan beban 330 kg dan tertinggi sebesar 60,0 mm/s pada kecepatan 35 km/jam dengan beban 330 kg. Hasil penelitian mengenai frekuensi natural didapatkan hasil frekuensi natural tertinggi sebesar 57,18 rad/s atau 9,11 Hz, dan terendah sebesar 31,96 rad/s atau 5,1 Hz. Nilai frekuensi natural yang dihasilkan masih dalam batas aman menurut ISO 2631 tentang Mechanical Vibration and Shock Evaluation of Human Exposure to Whole Body Vibration dimana batas frekuensi yang diizinkan adalah 1-80 Hz.

References

Anies. (2014). Kedokteran Okupasi Berbagai Penyakit Akibat Kerja dan Upaya Penanggulangan Aspek Kedokteran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hastono Wijaya. 2018. Metrologi Industri. Malang: Tim UB Press.

Kenny Hartono. 2019. “Analisis Getaran Suspensi Mobil Mitsubishi Fuso 125 PS Akibat Profil Jalan Sinusoidalâ€. Jurnal Dinamis 17 (1). Abepura: Fakultas Teknologi Industri dan Kebumian-USTJ

Lasmaria Novianti (2011). “Pengukuran Cepat Kerataan Jalan Dengan Menggunakan Mems Accelerometer Sensorâ€. Skripsi. Fakultas MIPA Universitas Sumatra Utara.

Mulyono. 2007. “Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi Dan Analisis Stabilitas Micro Carâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Royan Hidayat. 2017. “Analisis Getaran Pada Kompressor Mesin Pendingin Dengan Variasi Putaran

(RP M)â€.15 (2). Tegal: Universitas Pancasakti

Tungga Bhimadi Karyasa. 2011. Dasar-dasar Getaran Mekanis. Yogyakarta: Fl. Sigit Suyantoro.

R. Bagus Suryana Majanasastra. “Analisis Shock Absorber Roda Depan Kendaraan Roda Empat Jenis Suzuki Carry 1000â€. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 2 (1). Bekasi: Universitas Islam.

Riri Sadiana. “Analisis Kebisingan Dan Getaran Mekanis Pada Mesin Sepeda Motor Injeksi 150 CC Tipe Xâ€. Seminar Nasional Energi & Teknologi. Bekasi: Universitas Islam.

Salim, E. 2002. Green Company Pedoman Pengelolaan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3). Jakarta: PT Astra Internationa

Singiresu S. Rao. 2004. Mechanical Vibration, Fifth Edition. America: University of Miami

Suhairy S. 2000. “Prediction of Ground Vibration From Railwaysâ€. SP Swedish National Testing and Research Institute: Swedish.

ISO 2631 tentang Mechanical Vibration and Shock Evaluation of Human Exposure to Whole-Body Vibration diakses di file:///C:/Users/pc/Downloads/iso-2631-1-wholw-body-vibration. pdf, pada minggu 16 Agustus 2021

Keputusan Menteri Tenaga Kerja NO: KEP–51/MEN/I999 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Di Tempat Kerja, diakses di http://www.iips-online.com/KepMenaker1999. pdf, pada Minggu 26 Juni 2021

Peraturan Mentri Kesehatan NO: 1405/Menkes/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, diakses di https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/114490/permenkes-no-70- tahun-2016, pada Minggu 1 Agustus 2021

Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, diakses di https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/116973/perpres-no-55- tahun-2019, pada Minggu

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Wardiman, N., Sjahmanto, M., & Rohmat, N. (2021). ANALISIS GETARAN PADA SUSPENSI RODA DEPAN KENDARAAN RODA TIGA TEKNIK MESIN UNPAM DENGAN VARIASI BEBAN DAN KECEPATAN. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 1(2), 1–9. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/28753