ANALISA KEAUSAN KOMSTIR BAGIAN ATAS DAN KOMSTIR BAGIAN BAWAH PADA SISTEM KEMUDI TERHADAP KEKUATAN MATERIAL

Authors

  • Toha Arifin Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Jaim Jaim Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang

Keywords:

Sudut caster, komstir, kestabilan, kenyamanan, nilai kekerasan

Abstract

Dalam berkendara kenyamanan sangatlah diutamakan, baik kenyamanan pada mesin kendaraan maupun faktor pendukung lainnya seperti rangka dan kelistrikan serta beberapa komponen lainnya. Untuk mendukung aktifitas dan kegiatan tersebut serta untuk memudahkan sampai tujuan maka manusia memerlukan sebuah alat transportasi. Seiring dengan perkembangan transportasi yang sangat pesat, kebutuhan akan alat transportasi pun semakin meningkat dan kenyamanan dalam berkendaraan juga sangat dibutuhkan baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran sudut caster pada sepeda motor yang saya gunakan karena sudah mengalami penggantian outer lower race / komstir sebanyak 2 kali, untuk melihat dan meneliti apa yang menjadi penyebabnya. Hasil dari pengujian bahwa nilai rata – rata kekerasan di komstir atas tipe A sebesar 25 HRC, dibandingkan dengan nilai kedua komstir yang mempunyai nilai tipe B dan C. Nilai kwalitas C lebih besar nilai kekerasannya 20,6 HRC dibandingkan kwalitas B sebesar 17,6 HRC. Dan nilai rata –rata kekerasan di komstir tipe A bagian bawah sebesar 26,8 HRC, dibandingkan dengan nilai kedua komstir bagian bawah yang mempunyai nilai kwalitas tipe B dan C. Nilai kwalitas tipe B lebih besar nilai kekerasannya 24,6 HRC dibandingkan kwalitas tipe C sebesar 19,6 HRC. Nilai kemampuan dalam meminimalisir getaran sekitar 4,949 mm/s2. Dengan nilai peak sebesar 300 mm/s2 dan nilai Root Mean Square sebesar 280 mm/s2 pada Accelerationnya, dan nilai vellocity dari nilai Peaknya sebesar 1180 mm/s lalu nilai RMSnya sebesar 940 mm/s. Untuk pengukuran sudut caster sesuai dengan pengukuran yaitu Tipe A sekitar 26,5 derajat, Tipe B sekitar 30 derajat dan tipe C sekitar 26.40, jadi ketiga study yang diukur masih sesuai dengan standar aslinya.

References

Josh Putnam. "Geometri Kemudi: Apa Itu Jejak?". Diarsipkan dari versi asli pada 30 April 2011. Diakses tanggal 7 April 2011.

Cossalter, Vittore (2006). "JALAN". Diarsipkan dari versi asli pada 10 Mei 2006. Diakses tanggal 14 Desember 2006. https://en.wikipedia.org/wiki/Bicycle_and_motorcycle_geometry diambil jam 21.14 senin malam

Watkins, Gregory K. "Stabilitas Dinamis dari Kendaraan Bertenaga Manusia Jalur Tunggal Sepenuhnya Faired" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) pada 17 Juli 2006. Diakses pada 23 Agustus 2006.

Daryanto, Drs. Panduan Praktis Perawatan Sepeda Motor https://www.johanmekanik.com/2021/02/sistem-kemudi-sepeda-motor-dan-gangguan.html diambil jam 21.23 jumat malam

Suganda, H dan Kageyama, K. 1984. Pedoman Perawatan Sepeda Motor. Jakarta: PT. Pradnya Paramita

Sutisna, O. dan Yakob, B. 1983. Petunjuk Kerja Pemeliharaan dan Perbaikan Sepeda dan Sepeda Motor: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Anonim. 1987. Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor Tingkat Lanjutan. Jakarta. PT. Indomobil Suzuki

https://id.scribd.com/doc/300107742/Fenomena-Geng-Motor diambil jumat malam jam 21.30

https://docplayer.info/84975682-Pengaruh-sudut-caster-sepeda-untuk-kajan-stabilitas-kendaraan.html diambil 13.21 rabu siang.

http://eprints.undip.ac.id/41456/3/BAB_II.pdf diambil 15.30 rabu siang

http://www.testindo.com/article/466/defini-kekerasan-dan-metode-uji-kekerasan diambil 17.12 jumat sore

http://b4mb4ngar.blogspot.com/2017/09/sudut-caster-panjang-trail-dan.html diambil jam 21.02 hari senin.

Tony Foale (2006). Penanganan Sepeda Motor dan Desain Sasis: Seni dan Sains. P. 3-ISBN 9788493328634. Diakses pada 18 Oktober 2013. jarak antara bidang kontak tanah dan sumbu kemudi yang diukur pada sudut siku-siku terhadap sumbu tersebut. SAE menyebut [ini] sebagai 'Jejak Mekanik'

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Arifin, T., Jaim, J., & Rohmat, N. (2021). ANALISA KEAUSAN KOMSTIR BAGIAN ATAS DAN KOMSTIR BAGIAN BAWAH PADA SISTEM KEMUDI TERHADAP KEKUATAN MATERIAL. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 1(2), 44–49. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/28758