PERANCANGAN KONSTRUKSI RANGKA KONVEYOR TYPE KONVEYOR RANTAI (CHAIN CONVEYOR)

Authors

  • Juniyanto Juniyanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Djuhana Djuhana Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang

Keywords:

desain konstruksi, kekuatan rangka

Abstract

Perkembangan dunia industri yang kian meningkat, membuat kebutuhan akan perkembangan teknologi agar tercapai hasil yang efektif dan efisien. Dunia industri khususnya industri besar sangat memiliki ketergantungan dengan adanya mesin konveyor, sehingga banyak dilakukan modifikasi dan pembaharuan pada jenis konveyor. Seperti halnya yang terjadi pada lokasi penelitian penulis pada sebuah perusahaan yaitu PT. Intan Pertiwi Industri yang bergerak di bidang manufaktur membutuhkan jenis konveyor yang bisa mendistribusikan produk yang cukup kecil dengan panjang 300 mm – 500 mm, berat 0,02 ~ 0,095 kg dan obertemperatur tinggi hingga 270 C. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah langsung melakukan pengumpulan data dasar di lokasi untuk mengetahui desain konstruksi rangka, perhitungan kekuatan konstruksi rangka, dan dimensi yang tepat berdasarkan studi literatur. Dari hasil perancangan yang dilakukan didapat data tegangan geser ijin 1,11 N/mm2, momen lentur maksimum 170,83 Nm, dan kapasitas operasi konveyor adalah 7,249 Ton/Jam.

References

Ando Syahputra, 2013. “Perancangan Belt Konveyor Sebagai Alat Pengangkut Janjang Kelapa Sawit dari Unit Threser Ke Tempat Pembuangan Janjang Pada Sebuah Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Kapasitas 40 Ton/Jamâ€. Skripsi Teknik Mesin (111-114). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Angrian Rante, Stenly Tangkuman, Michael Rembet. 2013. “Perancangan Konveyor Rantai Kapasitas 8 Ton per Jamâ€. Jurnal Teknik Mesin, 1. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Atmika, I Ketut Adi. 2017. Bahan Ajar: Pesawat Pengangkat dan Alat Berat. (Buku 2) Bali: Universitas Udayana.

Bustanul Arifin, Purwandy Hasibuan, Rudiansyah Putra. 2019. “Evaluasi Batang Tekan Profil Siku Pada Struktur Rangka Batang Dengan Variasi Siku Tunggal dan Siku Gandaâ€. Journal of The Civil Engineering Student, 1 (3). Banda Aceh: Universitas Syah Kuala.

Mohamad Yamin, Widyo Purwoko. “Perancangan Gearbox dan Analisis Statik Rangka Konveyor Menggunakan Software Catia V5â€. Jurnal Perencanaan Konveyor (7). Jakarta : Universitas Gunadarma.Popov, Egor P. 1984. Mekanika Teknik (Mechanics of Materials). Terjemahan oleh Zainul Astamar. (Edisi Kedua : Versi SI) Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Juniyanto, J., Djuhana, D., & Rohmat, N. (2021). PERANCANGAN KONSTRUKSI RANGKA KONVEYOR TYPE KONVEYOR RANTAI (CHAIN CONVEYOR). Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 1(2), 50–54. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/28761