RANCANG BANGUN TRANSMISI PADA MESIN ROLL PIPA DIAMETER ¾ INCHI

Authors

  • Eko Purwanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Abdul Choliq Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

Keywords:

transmisi, mesin roll pipa, gearbox reducer, kopel, sproket, rantai

Abstract

Mesin pengerol pipa sangat membantu dalam proses produksi yang sebelumnya menggunakan proses manual dengan keahlian tangan dan tenaga manusia dimana hasilnya akan selalu berbeda beda dan tidak bisa stabil. Hal tersebut sangat mengganggu proses produksi apabila produk yang di produksi dalam jumlah besar. Oleh karena itu tujuan utama alat ini adalah untuk mempermudah, mempercepat dan menstabilkan hasil pengerollan, sehingga desain alat ini harus bisa mangakomodasi nya. Alat ini juga harus mudah dalam pengoperasiannya sehingga orang awam dengan mudah mengoperasikan nya dan tidak membutuhkan tenaga ahli, hal ini juga akan mengurangi biaya produksi. Sehingga harga produk bisa lebih terjangkau.Alat/mesin pengerol pipa ini juga harus efektif dan efisien dalam menggunakan energi, menggunakan energi sedikit mungkin tetapi bisa menghasilkan sebersar mungkin, sehingga para pengusaha bisa lebih tertarik untuk menggunakannya.Transmisi pada mesin roll pipa merupakan komponen yang sangat penting dalam merancang mesin roll pipa. Dimana transmisi harus dirancang dengan efektif dan efisien. Langkah dalam merancang trasmisi mesin roll pipa adalah mengan menentukan dahulu daya yang akan di salurkan, kemudian menentukan hasil ahir dari trasnmisi. Setelah itu mentukan skema transmisi dan kemudian menentukan komponen yang digunakan. Daya yang digunakan mesin roll pipa diameter ¾ inchi ini adalah 0.5 Hp 1440 Rpm. Dimana hasil hari dari transmisi adalah putaran puli menjadi 18 Rpm. Untuk menurunkan jumlah putaran menggunakan dua tahap reduksi, dimana tahap pertama menggunakan gearbox rasio 1:40. Tahap kedua menggunakn rantai dan sproket dengan rasio 1:2. Komponen yang di gunakan adalah kopel, gearbox reducer, rantai dan sproket. Pemilihan ukuran kopel dan gearbox menggunakan pandual dari pembuat gearbox dan kopel, sedangkan pemilihan rantai dan sproket menggunakan perhitungan perancangan pada umumnya. Berdasarkan panduan tersebut, maka di dapatkan ukuran kopel adalah rotex 14, gear reducer WPA 60 rasio 1:40, rantai dan sproket ukuran 40. Sproket menggunakan 4 buah sproket, dimana satu sproket dengan jumlah gigi 18, dan 3 sproket dengan jumlah gigi 36. Panjang total rantai yang digunakan adalah 715 mm.

References

Armanto, E., Tjahjono, B., Zuniam, M., & Amrizal, Y. 2016. Roll Bender Pipa Galvanis Diameter 1, 5 Inchi. Jurnal Rekayasa Mesin, 10(3).

Asmeati, A., & Yanti, Y. 2019. Pengaruh Perlakuan Panas terhadap Kekerasan Baja Karbon Tinggi Bohler K460. Jurnal Teknik Mesin Sinergi, 12(2), 124-139.

Blissmer, R. H. Blissmer 1985-1986,“Computer Annual, An Introduction to Information Systems â€

Childs, P. R. 2004. Mechanical Design. Burlington: Elsevier Ltd.

Enny, E. 2018. Tachometer Laser, Pemakaian DanPerawatannya. Metana, 13(1), 7-12.

Fernando, R., D., & Iman S. 2019. Perancangan Alat Bending Pipa Starbus/Hollow.Jurnal Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta .

Geraldine A, A., Yudo, H., & Amiruddin, W. 2016. Analisis TekukKritis Pada Pipa Akibat Tekanan Internal. Jurnal Teknik Perkapalan, 4(3).

Iqbal, M. 2008. Pengaruh Temperatur Terhadap Sifat Mekanis Pada Proses Pengkarbonan Padat Baja Karbon Rendah. SMARTek, 6(2).

Masykur, M. 2011. Pengaruh Temperatur Terhadap Sifat Mekanik pada Baja Karbon Sedang St 60. Engineering: Jurnal Bidang Teknik, 2(2).

R.S.Khurmi. 2005. Machine Design: NewDelhi : Eurasia Publishing house

Sufiyanto, S. 2011. Analisis Proses Pengerolan Pipa dengan Roll Bending. Transmisi, 7(1), 639-648.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perancanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT Pradana Paramida

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Purwanto, E., Choliq, A., & Rohmat, N. (2021). RANCANG BANGUN TRANSMISI PADA MESIN ROLL PIPA DIAMETER ¾ INCHI. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 2(1), 1–7. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/30194