SIMULASI KERJA ALIRAN ALIRAN FLUIDA PADA HIDROLIK DENGAN KEKUATAN 1 MPa PADA SAAT DILAKUKAN UJI BENDING DENGAN SIMULASI CFD

Authors

  • A. Riswan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Ansor Salim Siregar Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Sunny Ineza Putri Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

Keywords:

Fluida, Pipa 45⁰ dan 90⁰, CFD

Abstract

Bidang mekanika fluida merupakan salah satu contoh yang memerlukan perhatian khusus karena cakupan aplikasi dan aplikasinya yang luas, baik pada industri kecil, menengah maupun besar. Karena peningkatan kapasitas dan aliran turbulen pada pipa lengkung dapat menurunkan tekanan, sehingga dapat digunakan aliran tereduksi.Computational Fluid Dynamics (CFD) adalah metode komputasi yang mengontrol ukuran, luas, dan volume dengan menggunakan perhitungan komputer untuk menghitung setiap elemen pembaginya.Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan software CFD bertujuan untuk mengetahui pembuatan design, geometri dan simulasi pada aliran fluida didalam pipa. Nilai Velocity dan Pressure antara pipa dengan sudut 45â° dan 90â° memiliki nilai Head Loss (hL) yang berbeda, dari hasil simulasi didapati untuk sudut 45â° memiliki nilai Head Loss sebesar 0.02622 m dan sudut 90â° memiliki nilai head loss sebesar 0.42118 m. Sebagai saran dari semua percobaan yang sudah dilakukan, sebaiknya dipilih design pipa dengan sudut bending 45â°, dikarenakan aliran fluida dengan sudut 45â° memiliki nilai Head Loss yang lebih kecil.

References

Raden Suhardi Putra (2015). Analisa Perhitungan Beban Cooling Tower Pada Fluida Di Mesin Injeksi Plastik. Jurusan Tehnik Mesin, Fakultas Tehnik, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Eswanto, Dian Syahputra2(2017). Analisa Distribusi Kapasitas Aliran Fluida Di Daerah Percabangan Pada Sistem Perpipaan. Jurnal Teknologi Terapan, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Medan.

Awal syahrani, alimuddin sam, C. (2013). Variasi Arus Terhadap Kekuatan Tarik Dan Bending Pada Hasil Pengelasan SM490. Jurnal Mekanika, Jurusan Teknik Mesin, Univ. Tadulako, 4(2), 393402.

Ciptiyani, E. (2010). Simulasi Mekanika Fluida Dinamis Pada Pelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif. Simulasi Mekanika Fluida Dinamis Pada Pelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif, 6–17.

Dharma, U. S., & Yuono, L. D. (2017). Analisa Pengepresan Dengan Sistem Hidrolik Pada Alat Pembuat Paving Block Untuk Perkerasan Lahan Parkir. Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Univ. Muhammadiyah Metro Lampung, 5(1). https://doi.org/10.24127/trb.v5i1.121.

Sepfitrah, Yose Rizal (2014). Analisa Pressure Drop Pada Instalasi Pipa Alat Uji Rugi-Rugi Aliran Mengunakan CFD Fluent 6.0 Program Studi Teknik Sipil Universitas Pasir Pengaraian, Riau 2014.

Singgih Priyanto E, (2014). Analisa Aliran Fluida Pada Pipa Acrylic Diameter 12,7 mm (0,5 inci) dan 38,1 mm (1,5 inci). Fakultas Teknologi Industri, Teknik Mesin Universitas Gunadarma-Depok 2014.

Sahabuddin,Hamzah Baharuddin, Ikhsan (2014). Pengaliran Udara Untuk Kenyamanan Termal Ruang Kelas Dengan Metode Simulasi Computational Fluid Dynamics. Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Madadina Dwi Andini dkk. (2019). Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Bernoulli Pada Fluida Ideal. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, 2(1), 379–382.

Eswanto, E., & Syahputra, D. (2017). Analisa Distribusi Kapasitas Aliran Fluida Di Daerah Percabangan Pada Sistem Perpipaan. JTT (Jurnal Teknologi Terapan), 3(1), 7–11. https://doi.org/10.31884/jtt.v3i1.7

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Riswan, A., Siregar, A. S., & Putri, S. I. (2021). SIMULASI KERJA ALIRAN ALIRAN FLUIDA PADA HIDROLIK DENGAN KEKUATAN 1 MPa PADA SAAT DILAKUKAN UJI BENDING DENGAN SIMULASI CFD. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 2(1), 78–88. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/30204