ANALISIS PRESTASI SELANG MINYAK REM HIDRAULIK PADA MOBIL LISTRIK BILIS GEN 1.0

Authors

  • Mursid Azis Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Joko Setiyono Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

Keywords:

Prestasi, Selang rem, Tekanan, Tarikan, Deviasi

Abstract

Rem adalah alat yang sangat penting pada kendaraan, khususnya pada kendaraan roda 2 dan 4, tidak sedikit kecelakaan terjadi karena masalah pengereman tidak berfungsi dengan baik. Karena itu, untuk meningkatkan keamanan pengereman diperlukan memilih komponen – komponen rem yang bagus dab berkualitas. Untuk itu perlu di lakukan penelitian terhadap salah satu komponen rem, yakni Selang Rem. Untuk menguji kualitas Selang Rem maka dilakukan lah penelitian atau pengujian tegangan dalam dan uji Tarik pada pada tiga jenis Selang Rem yang berbeda Merk dengan standarisasi yang sama. Pada masing – masing selang Rem di lakukan tiga kali pengujian. Pada pengujian Tegangan Dalam, masing – masing. Selang Rem diberi tiga jenis variasi tegangan. Yakni 1000 PSI, 1500 PSI, 2000 PSI. Sedangkan untuk Uji Tekan, digunakan untuk mendapatkan data yang nanti nya data tersebut akan di gunakan untuk menentukan nilai Standar Deviasi pada Selang Rem yang di uji. Setelah melakukan beberapa pengujian dapat di Simpulkan Selang Rem C mengalami peregangan lebih sedikit di bandingkan Selang rem A dan B. Tetapi Selang Rem C mendapatkan tegangan dalam lebih besar dibandingkan Selang Rem A dan B. Serta Selang Rem C mengalami peningkatan tegangan dalam lebih stabil. Yang berarti Selang Rem C memiliki kualitas lebih baik dibandingkan Selam Rem A dan Selang Rem B. Dan Lebih cocok di gunakan pada Mobil Listrik Bilis Gen1.0. Nilai Simpangan / Deviasi pada tiap bahan uji sama. Tiap pengujian memiliki nilai simpangan yang sama. Yang membedakan dari bahan uji adalah sampel C memiliki kekuatan Tarik hingga putus lebih besar karena memiliki nilai tarikan hingga putus diatas 30 kg/cm². Jadi Selang Rem Sampel C lebih kompetibel karena memiliki tingkat elastisitas lebih tinggi di bandingkan selang rem A dan B. Serta tidak lupa pula Selang Rem C menggunakan material rubber jenis EPDM serta menggunakan 2 lapis PVC.

References

. [1 A.M. Saleh. 2013. Teknik Mobil. Jakarta: Bharatara Niaga Media

. Aditya, Sugihartana. 2014 “Pengertian rem cakram†Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

. Dr. Ir. Yanuar, Msc., M.Eng, Dita Satyadarma, ST., MT, Burhan Noerdin. 2015. “Analisis Gaya Pada Rem Cakram (Disk Brake) Untuk Kendaraan Roda Empatâ€. Universitas Gunadarma.

. Prof. I Nyoman Sutantra. M.Sc., Ph.D 2015. “Teknologi Otomotif-Teori dan Aplikasinyaâ€. Edisi pertama.Surabaya : Guna Widya.

. Prof. Ir. I Nyoman Sutantra, M.Sc., Ph.D dan Dr. Ir. Bambang Sampurno, MT. 2018. Teknologi Otomotif, Edisi Kedua Surabaya: Guna Widya.

. Scharff, Robert. 2009. “Complete Brake Systemâ€. Now Incluiding, Technician`s, Shop Manual. New York: John Wiley and Sons.

. Sularso. 2011 “Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesinâ€. Jakarta: Pradnya Paramita.

. Udeagbara, Stephen Gekwu. 2017. Effect of Temperature and Impurities on Surface Tension of Crude Oil . Florida: Boca Raton.

. https://www.rubber-pvc-hose.com/project/rubber-brake-hose-sae-j1401/ (Diakses 6 Januari 2022)

. www.rubber-pvc-hose.com (Diakses 6 Januari 2022)

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Azis, M., & Setiyono, J. (2022). ANALISIS PRESTASI SELANG MINYAK REM HIDRAULIK PADA MOBIL LISTRIK BILIS GEN 1.0. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 2(2), 35–41. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/30212