ANALISIS PULLEY DAN V-BELT PADA PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI WIND TUNNEL BERTENAGA ANGIN EXHAUS FAN

Authors

  • Farid Bagus Ariyadi Putra Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Abdul Choliq Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

Keywords:

Sistem transmisi, Pulley dan V-Belt, Exhause fan, Wind Tunnel

Abstract

Penggunaan pulley dan v-belt sebagai sistem transmisi sering mengalami ketidaksesuaian dalam ukuran diameter pulley, jenis maupun ukuran v-belt yang digunakan. Kondisi ini umum terjadi pada mesin-mesin rakitan sendiri (non-fabrikasi). Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap besaran torsi yang dapat ditransmisikan dari poros penggerak ke poros yang digerakan. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis diameter pulley dan jenis v-belt yang ideal hingga diperoleh besaran torsi optimum serta efisien dalam penerapanya. Metode yang digunakan adalah metode analitik yang dilakukan dengan perhitungan menggunakan rumus-rumus baku pada elemen mesin. Perhitungan yang dilakukan dalam perancangan sistem transmisi wind tunnel bertenaga angin exhause fan ini meliputi ukuran diameter pulley, kecepatan linier pada pulley, daya perencanaan, jarak sumbu poros, panjang belt, jenis v-belt dan besaran torsi yang dapat ditransmisikan. Dalam perhitungan perancangan sistem transmisi ini diperoleh hasil ukuran diameter pulley penggerak 300 mm dan untuk pulley yang digerakan 100 mm, rasio kecepatan pada pulley yang digerakan 4680 m/s, daya perencanaan 3,15 kW, jarak sumbu poros 613 mm, panjang belt 1854 mm, Kecepatan linier pada v-belt adalah 24,5 m/s, jenis v-belt type A dan untuk besaran torsi yang dapat ditransmisikan 655,57 Kgf.mm.

References

Abdillah, R., Yopa, Prawatya, E., & Wicaksono, R. A. (2021). Optimasi Desain Terowongan Angin Tipe Sirkuit Terbuka Menggunakan Metode Computer-Aided Simulation And Taguchi (CAST) (1)*. In Prawatya & Wicaksono (Vol. 2, Issue 2).

Aji Saputra, R., Gede Indra Partha, C., Wayan Sukerayasa, I., & Bukit, U. (2021). Rancang Bangun Sistem Pemanen Energi Angin Exhaust Fan Turbin Angin Sumbu Horizontal Dengan Pengarah Angin (Wind Tunnel) (Vol. 8, Issue 2).

Dea Novitasari Yulita. (2018). Perhitungan Ulang Transmisi Sabuk Dan Puli Serta Pemilihan Alternator Pada Kinetic Flywheel ConvertionI (KFC I) Untuk Memaksimalkan Kinerja AlatDi Terminal BBM Surabaya Group-Pertamina Perak.

Handayani, S. U. (n.d.). Prosiding PNES II 2014 Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang Terowongan Angin Tipe Terbuka Sebagai Sarana Pengujian Aerodinamika.

Ir. Sularso, M. (2004). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin (kiyokatsu suga, Ed.; Vol. 8).

Ir. Sularso, M. (2014). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin (kiyokatsu suga, Ed.; 2014th ed., Vol. 11).

Teknik Mesin Mistek, J., & Amirudin, A. (2020). Analisi Kinerja Pada Mesin Pengiris Singkong Dengan Kapasitas 100 Kg/jam. 1(1), 2747–1497.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Putra, F. B. A., & Choliq, A. (2022). ANALISIS PULLEY DAN V-BELT PADA PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI WIND TUNNEL BERTENAGA ANGIN EXHAUS FAN. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 3(1), 38–42. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/34238