RANCANG BANGUN ALAT UJI KEAUSAN KAMPAS REM

Authors

  • Mohammad Firlin Rizqih Banurusman Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

Keywords:

rangka, kekuatan sambungan las sudut, beban statis, beban dinamis, tegangan

Abstract

Rangka merupakan salah satu bagian penting pada alat uji keausan kampas rem harus mempunyai kontruksi yang kuat, ringan, kokoh, dan tahan terhadap getaran. Oleh karena itu kontruksi rangka harus mampu menahan semua beban dari komponen alat uji keausan kampas rem seperti dinamo motor listrik, gear box, pulley, poros, disc brake, master rem. Dari hasil perhitungan pada sambungan las sudut dengan tebal las 4mm, panjang las 40mm x 2, dan tebal plat 2mm. Kekuatan tahanan yang dihasilkan dengan menggunakan elektroda E7013 adalah 483 Mpa dengan jenis baja BJ37 yang memiliki tegangan leleh f_y=240 Mpa dan tegangan tarik f_u=370 Mpa, maka kekuatan bahan las yang dihasilkan adalah 49,1 kN, dan tegangan leleh pada bahan baja adalah 23,04 kN, dan tegangan putus pada bahan baja adalah 26,5 kN.Pada perhitungan beban dinamis dengan variasi kecepatan 100 Rpm, 120 Rpm, 140 Rpm. Hasil perhitungan pada rangka bawah dengan kecepatan 100 Rpm adalah 968,2 N dengan tegangan yang didapat 1,18 Mpa, dan pada rangka atas dengan kecepatan 100 Rpm adalah 976,08 N dengan tegangan yang didapat 6,9 Mpa. Hasil perhitungan pada rangka bawah dengan kecepatan 120 Rpm adalah 1.172,08 N dengan tegangan yang didapat 1,4 Mpa, dan pada rangka atas dengan kecepatan 120 Rpm adalah 1.176 N dengan tegangan yang didapat 8,3 Mpa. Hasil perhitungan pada rangka bawah dengan kecepatan 140 Rpm adalah 1.350,4 N dengan tegangan yang didapat 1,6 Mpa, dan pada rangka atas dengan kecepatan 140 Rpm adalah 1.370 N dengan tegangan yang didapat 9,7 Mpa.

References

. Asri, A., & Darmanto, D. (2018). ANALISA KEAUSAN KAMPAS REM PADA DISC BRAKE DENGAN VARIASI MATERIAL KAMPAS REM. JURNAL ILMIAH MOMENTUM, 2018

. Ahmad, T., Darmanto, D., & Imam, S. (2018). ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM PADA DISC BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN. JURNAL ILMIAH MOMENTUM, 2018.

. Sumiyanto, S., Abdunnaser, A., & Fajri, A. N. (2019). ANALISA PENGUJIAN GESEK, AUS DAN LENTUR PADA KAMPAS REM TROMOL SEPEDA MOTOR. Bina Teknika, 2019

. Wulandari, Diah S.T., M. T., & Setiawan, K. B. (2014). Rancang Bangun Kerangka Mesin Pemeras Kelapa Parut Industri Pangan Skala Rumah Tangga

. Afandi, Y. K., Arief, I. S., & Amiadji. (2015). Analisa Laju Korosi pada Pelat Baja Karbon dengan Variasi Ketebalan Coating. Jurnal Teknik Its, 2015

. Kezia Ruus, Banu Dwi Handono, Ronny Pandaleke (2017).Pengaruh bentuk badan profil baja ringan terhadap kuat tekan.Jurnal Sipil Statik (2017)

. S.Sapta, S.Farlianti (2017);TINGKAT KINERJA STRUKTUR BAJA BANGUNAN PENJEMURAN KARET PT. MARDEC SIGER WAYKANAN DENGAN PERKUATAN BRESING KONSENTRIK AKIBAT BEBAN GEMPA.Jurnal Teknik (2017)

. Mega Tri Paskah, Servie O. Dapas, Hieryco Manalip (2019);STUDI KUAT TEKAN KOLOM BAJA PROFIL KANAL U GANDA DENGAN VARIASI JARAK ANTAR PROFIL.Jurnal Sipil Statik (2019)

. Aditya Kurnia, Haryanto Yoso Wigroho (2012); STUDI KUAT TEKAN KOLOM BAJA PROFIL C GANDA DENGAN PENGAKU PELAT ARAH LATERAL.Jurnal Teknik Sipil (2012)

. Hendy Wijaya (2017); STUDI NUMERIK POLA GESER BLOK ALTERNATIF PADA SAMBUNGAN UJUNG BATANG TARIK PROFIL T. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (2017)

. Santi Yatnikasari, Muhammad Noor Asnan, Ulwiyah Wahdah Mufassirin Liana (2021); ALTERNATIF PERENCANAAN JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD DI JEMBATAN GELATIK KOTA SAMARINDA.Rang Teknik Journal (2021)

. Ranu Yudistira Pratama, Minto Basuki, Erifive Pranata (2020); Pengaruh variasi arus pengelasan smaw untuk posisi pengelasan 1g pada material baja kapal ss 400 terhadap cacat pengelasan.Jurusan Teknik Perkapalan FTMK-ITATS (2020)

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Banurusman, M. F. R., & Rohmat, N. (2022). RANCANG BANGUN ALAT UJI KEAUSAN KAMPAS REM. Jurnal Ilmiah Mesin Inovasi Dan Teknologi (MISTEK), 3(1), 43–53. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MSK/article/view/34239