CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN PRESENTASI MAHASISWA SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • AYU IRAWATI Universitas Pamulang
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud campur kode dalam kegiatan presentasi mahasiswa sastra Indonesia Universitas Pamulang dan faktor yang melatarbelakanginya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode sadap dengan teknik simak bebas cakap, teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif padan intralingual untuk menganalisis data bersifat lingual dan metode kualitatif padan ekstralingual untuk menganalisis data bersifat non kebahasaan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan campur kode berwujud penyisipan unsur-unsur berbentuk kata sebanyak 20 data, penyisipan unsur-unsur berbentuk baster sebanyak 2 data, dan penyisipan unsur-unsur berbentuk perulangan kata sebanyak 1 data. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode tersebut adalah faktor kebahasaan sebanyak 5 data dan faktor sikap penutur sebanyak 18 data.

Author Biographies

AYU IRAWATI, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Irwansyah Irwansyah, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

References

Agustinuraida, Ida. (2017). “Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis.†Jurnal Kajian Diksatrasia. Volume 1. Jawa Barat: Universitas Galuh Ciamis.

Ariesta, Nisya Ayu. (2017). “Bentuk dan Faktor Campur Kode dalam Video Youtube ‘Kaesang’ Tahun 2017.†Yogyakarta: Skripsi Program Studi Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma.

Asriani, R. Herdiana. (2019). “Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Ragam Bahasa Formal Siswa Kelas X1 SMAN 2 Ciamis.†Jurnal Literasi. Volume 2. Jawa Barat: Universitas Galuh.

Chaer, Abdul, & Leonie Agustina. (2010). Sosiolingustik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Agung D. E.(2017). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Indramarta, Johanes Bakti. (2019). “Campur Kode Iklan Komersial Produk Makanan dan Minuman pada Stasiun Televisi MNCTV Periode Januari-Maret 2018.†Yogyakarta: Skripi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma.

Jamil, T.M. & Wirduna. (2017). “Penggunaan Bahasa Campur Kode dalam Rapat Resmi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.†Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah 2017. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Kridalaksana, Harimurti. (2009). Kamus Lingustik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali.

Murniati, dkk. (2015). “Alih Kode dan Campur Kode Pada Mahasiswa PBSI dan Implikasinya.†Jurnal Kata. Lampung: Universitas Lampung.

Sitorus, Irvana. (2019). “Campur Kode pada Caption Media Sosial Instalgram Mahasiswa Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatra Utara.†Medan: Skripsi Program Studi Sastra Cina Universitas Sumatra Utara.

Sufiani, S., & Tri Pujiati. (2018). “Alih Kode dan Campur Kode pada Santriwati Ponpes Alquran Nurmedina di Pondok Cabe Tangerang Selatan.†Jurnal Sasindo Unpam, 6(1), 1-24.

Sutomo, Erwin. (2007). 9 Presentasi Kreatif dengan PowerPoint 2007. Yokyakarta: Penerbit Andi.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.

Widodo, Titik Tri, & Djoko Kristanto. (2004). Pengembangan Kepribadian Sekretaris. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2020-11-25