MOTIVASI KEHIDUPAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “HUJAN” KARYA TERE LIYE (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Authors

  • ARIS WAHYU WIDODO Universitas Pamulang

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana motivasai pemenuhan kebutuhan pada tokoh utama (Lail) dalam novel Hujan  karya Tere Liye digambarkan berdasarkan teori motivasi dan kebutuhan dasar Abraham Maslow. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data motivasi pemenuhan kebutuhan pada tokoh utama dalam novel Hujan berdasarkan teori Abraham Maslow. Pengumpulan data dengan dengan menggunakan metode pembacaan berulng-ulang, dan pencatatan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam novel Hujan karya Tere Liye tokoh utama bisa bertahan hidup hingga dewasa dengan cara adanya motivasi di dalam dirinya yang menyebabkan ia tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup sebatang kara di kota tempat ia tinggal. Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam mencapai motivasi dan kepribadian tokoh utama dapat tercapai semua, gambaran tersebut nampak pada pemenuhan kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan cinta dan memiliki dimiliki, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri yang membuat tokoh utama merasa bahagia di akhir cerita pada novel tersebut.

Author Biography

ARIS WAHYU WIDODO, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

References

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.

Khairanis, Makmum. (2013). Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Koeswara, E. (1991). Teori-Teori Kepribadian. Cetakan Kedua. Bandung: PT Eresco.

Liye, Tere. 2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia.

Maslow, Abraham. 1984. Moticasi dan Kepribadian: Teori Motivasi dengan Ancangan Hierarki Kebutuhan Manusia. Jakarta: PT Gramedia.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Setyoningsih, I. (2018). Aspek Motivasi Tokoh Utama Enong Dalam Novel Dwilogi Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Naskah Publikasi, 1, 1-12.

Handayani, E., Harun, M., & Taib, R. (2017). Motivasi Dalam Novel Di Bawah Langit Madani Karya YF Rijal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 2, 67-76.

Setiyadi, T. (2017). Aspek Motivasi Dalam Novel Partikel Katya Dewi Lestari. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purwoketo.

Pratiwi. Madhensia Putri. (2016). Motivasi Tokoh Difabel Dalam Novel Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi Karya A.A. Navis dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbhiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-25