Peningkatan Kompetensi Guru-Guru melalui Pelatihan Analisis Tulisan Tangan Anak Usia Dini di Jampang English Village
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i1.40869Abstract
Ketidakmampuan dalam menulis erat kaitannya dengan performa seseorang dalam menyelesaikan pendidikan. Kurangnya kompetensi dalam menganalisis tulisan dapat menyebabkan proses pembelajaran menulis yang tidak efektif. Masalah yang terjadi pada tenaga pengajar yang bertugas di tempat mitra kami Jampang English Village adalah tidak konsistennya alat ukur analisis tulisan dan kurangnya kompetensi dalam menganalisis tulisan karena kurangnya pengetahuan akan alat ukur analisis tulisan. Solusi yang ditawarkan untuk masalah ini adalah kegiatan lokakarya yang berisi rangkaian kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan akan analisis tulisan dan kompetensi analisis tulisan. Kegiatan lokakarya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: (1) pengenalan (pemaparan alat ukur analisis tulisan); (2) praktek (analisis pada tulisan siswa masing-masing peserta); dan (3) konferensi (pemaparan hasil analisis dari masing-masing peserta). Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan luaran yaitu peningkatan pengetahuan dan kompetensi analisis tulisan yang dimiliki oleh tenaga pengajar. Implikasi dari meningkatnya pengetahuan dan kompetensi menganalisis tulisan diharapkan dapat menjadikan kemampuan tulisan siswa-siswa yang belajar di Jampang English Village menjadi lebih efektif dan berterima sesuai kaidah penulisan dalam Bahasa Inggris.