Upaya Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Anak melalui Media Big Book di SDN Cirendeu 02
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44434Keywords:
Kosa Kata, Bahasa Inggris, Big BookAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa-siswi SDN Cirendeu 02 dapat meningkat melalui media Big Book. Tujuan PkM yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak melalui media Big Book. PkM ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan observasi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi dan dokumentasi. Subjek PkM adalah anak kelas 5 Sekolah Dasar yang berjumlah 46 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media Big Book dapat meningkatkan penguasaan kosa kata pada anak kelas 5 Sekolah Dasar tersebut. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan rata-rata nilai dan peningkatan penguasaan kosa kata siswa-siswi Sekolah Dasar tersebut.
Kata Kunci: Kosa Kata, Bahasa Inggris, Big Book
References
Fauziati, Endang. (2010). Teaching English as a Foreign Language. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Keraf, Gorys. (2009). Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suyanto, Kasihani. (2008). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.
Oktavia, J dkk. (2016). Big Book Dalam Pembelajaran Reading Comprehension Untuk Mengembangkan Critical Reading Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bandung: UPI..
Martinus, Surawan. (2011). Kamus Kata Serapan. Jakarta: Rineka Cipta.