Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Konten Vidio Tiktok di Madrasah Aliyah Soebono Mantofani
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44490Keywords:
video tiktok, kemampuan berbicara, efektifAbstract
Generasi muda di era global harus menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu keterampilan kunci dalam berbicara. Tetapi, siswa sering mengalami kesulitan dalam memperoleh keterampilan ini, meliputi kurangnya kepercayaan diri, terbatasnya kosakata yang dimiliki serta sedikit peluang untuk berlatih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif pemanfaatan media konten video TikTok dalam memperbaiki kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa Madrasah Aliyah. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X Madrasah Aliyah Soebono Mantofani dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dapat dikumpulkan melalui pengamatan, interview, dan tes berbicara dengan menggunakan teknik retel. Pada tiga pertemuan berbeda, intervensi pembelajaran meliputi menonton video TikTok yang menggunakan bahasa Inggris oleh siswa, melakukan diskusi tentang video tersebut, dan menceritakan kembali isi dari video. Integrasi konten video TikTok dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat dipandang sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini mencapai kesimpulan tersebut. Penelitian ini menyatakan betapa vitalnya menerapkan metode belajar yang kreatif dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa agar kemampuan berbahasa Inggris mereka dapat ditingkatkan.
References
Arief, S Sadiman; dkk;. (1986). Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Membangun Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Sanjaya, W (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solahudin, M. 2009. Kiat-Kiat Praktis Belajar Speaking. Yogyakarta: Diva Press GAMBARAN IPTEKS
Thornburry, T. (2005). How to Teach Speaking. USA: Pearson, Longman.