Pengembangan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Model Pembelajaran Interaksi Sosial di Musala Nurul Ashri, Pondok Petir

Authors

  • Latifah
  • Wiwit Sariasih Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44594

Keywords:

keterampilan berbicara, interaksi sosial, teks interpesonal, teks transaksional

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk mengembangkan keterampilan dalam berbicara bahasa Inggris dengan menerapkan model pembelajaran interaksi sosial dengan teks transaksional dan interpesonal. Teks transaksional berguna untuk melakukan percakapan dengan lawan bicara dalam berbagai konteks percakapan. Sedangkan teks interpesonal dapat digunakan dalam memperkenalkan diri sendiri. Peserta yang dilibatkan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas 1-4 yang berjumlah 19 siswa. Kegiatan PkM dilaksanakan di musala Nurul Ashri yang berlokasi di Pondok Petir, Depok. Para peserta diberikan penjelasan tentang kosa kata yang dapat digunakan untuk memperkenalkan diri dan melakukan perkenalan dengan lawan bicara. Selain itu contoh-contoh kalimat juga diberikan agar dapat digunakan dalam berlatih berbicara bahasa Inggris. Setelah pemaparan materi, siswa diminta untuk menyiapkan teks perkenalan diri dan teks percakapan. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah berlatih berbicara bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri. Hasil dari kegiatan PkM menunjukkan bahwa peserta kegiatan menunjukkan kemauan dan kemampuanteks inter untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan teks interpesonal dan transaksional. Selain kegiatan ini juga menambah kosa kata baru pada konteks memperkenalkan diri dan berkenlan dan juga memperbaiki pelafalan kosa kata tersebut.

References

El Iq Bali, Muhammad Mushfi. (2017). Model Interaksi Sosial Dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19.

DOI : http://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.19

Harahap, Fatma Dewani. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. JPI: Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/190/158 DOI: https://doi.org/10.59818/jpi.v2i3

Mulyadi, Tedi Karya. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Teks Transaksional dan Interpersonal Melalui Metode Role Play (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-G SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan Vol. 06 No. 01 https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/2038/0 DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i1.2038

Nisrina, Nada. (2022, November 21). Pentingnya kemampuan berbicara bahasa inggris. ICAN English. https://www.icanenglish.net/news/pentingnya-kemampuan-berbicara-bahasa-inggris/

Nurdin, Syahdan. (2022, November 17). Indeks kecakapan Bahasa Inggris 2022: Indonesia peringkat 81 dari 111 negara. Viva.co.id. https://www.viva.co.id/edukasi/1545321-indeks-kecakapan-bahasa-inggris-2022-indonesia-peringkat-81-dari-111-negara

Suryanti, Sri. (2021). Jelajah Virtual Public Places Melalui Penggunaan Barcode Dalam Teks Interaksi Transaksional. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, Volume, 18(2), 210-215 . https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.34

Winata, Koko Adya & Hasanah, Aan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639

Yuniar, Rizqi Dwi Susetyaning., Esa Nursafitri, & Tatu Fitri Zulfiah .(2019). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan penggunaan Metode Group Investigation. JURMA: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif. 3(1), 24-35. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v3i1.376

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Latifah, & Wiwit Sariasih. (2024). Pengembangan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Model Pembelajaran Interaksi Sosial di Musala Nurul Ashri, Pondok Petir. Pengabdian: The National Online Journal of Community Service on Linguistics, Language Teaching, Literature and Culture, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44594