Pelatihan Kemahiran Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan ‘Communicative Language Teaching’ untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Parung dan Kemang

Authors

  • Dwi Rahayu Universitas Pamulang
  • Purwanti Taman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44650

Keywords:

Bahasa Inggris, Communicative Language Teaching, Kelompok Kerja Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Communicative Language Teaching (CLT) merupakan metode yang menitik beratkan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. CLT merupakan salah satu bentuk peralihan dari metode tradisional yang memprioritaskan aturan tata bahasa dan penghafalan kosakata, menjadi berfokus pada pengembangan kemampuan pelajar untuk menggunakan bahasa secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengajaran menggunakan CLT untuk guru-guru sekolah dasar di wilayah Kelompok Kerja Guru (KKG) di wilayah Parung dan Kemang. Dengan kerjasama secara Internasional antara tim dosen dan mahasiswa Sastra Inggris, Universitas Pamulang dengan dosen-dosen dari The Polytechnic University of the Philippines dan Jampang English Village sebagai lembaga pelatihan Bahasa Inggris di wilayah Parung, kegiatan pelatihan ini berjalan dengan efektif. Dengan menggunakan simulasi pengajaran menggunakan CLT terhadap para guru, hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan kemampuan guru-guru peserta pelatihan dalam membuat aktifitas belajar yang sesuai dengan tingkat kelas murid-muridnya masing-masing secara beragam. Lebih lanjut lagi dari hasil pembimbingan dari tim dosen Universitas Pamulang dan the Polytechnic University of the Philippines dapat disimpulkan bahwa para peserta pelatihan menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan CLT dalam aktivitas pengajaran.

References

Freeman, D. L. (2001). Techniques and Principles in Langauge Teaching: 2nd Edition. Journal of English Studies, 3(2), 277–281.

Jampang English Village – Zona Madina. (n.d.). https://zonamadina.com/program/jev/

Kegiatan rutin kelompok kerja guru. (2021). Sekolah Dasar Negeri 1 Belimbing. https://sdn1blimbing.sch.id/blog/kegiatan-rutin-kelompok-kerja-guru

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Profil Zona Madina. (n.d.). https://zonamadina.com/profil/

Rahayu, D., Aziez, S., & Margianti Sagimin, E. (2022). Mencintai Budaya Indonesia Melalui Pelatihan Berbicara Didepan Umum Untuk Siswa SD di Pamulang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(3), 170–180. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i3.262

Richards, J. (2006). Communicative Language Teaching Today. In Cambridge University Press (Vol. 25, Issue 2).

Thamarana, S. (2015). A Critical Overview of Communicative Language Teaching A Study on Multimedia Technologies for Effective English Language Teaching View project USE OF ICT AND MULTIMEDIA IN TEACHING WRITING SKILLS IN ENGLISH LANGUAGE: AN EXPERIMENTAL STUDY View project. July. https://www.researchgate.net/publication/282877159

Savignon, S. J. (1987). Communicative language teaching. Theory Into Practice, 26(4), 235–242.

https://doi.org/10.1080/00405848709543281

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Rahayu, D., & Purwanti Taman. (2024). Pelatihan Kemahiran Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan ‘Communicative Language Teaching’ untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Parung dan Kemang . Pengabdian: The National Online Journal of Community Service on Linguistics, Language Teaching, Literature and Culture, 1(2), 25–31. https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44650