Cerdas dan Kaya Budaya: Belajar Idiom dan Budaya Amerika melalui Cerita Pendek Thanksgiving

Authors

  • Mia Perlina

DOI:

https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44663

Keywords:

Budaya, Cerita Pendek, thanksgiving

Abstract

Di era globalisasi, kemahiran bahasa Inggris penting bagi generasi muda untuk akses lebih luas pada informasi, pendidikan, dan karier. Namun, di Indonesia, keterbatasan sumber daya manusia dan bahan ajar menjadi kendala, terutama bagi siswa dari latar belakang kurang mampu. Al-Husna, organisasi di bawah Yayasan Al-Munawwarah yang menaungi anak yatim dan dhuafa di Pamulang, Tangerang Selatan, mengalami tantangan ini. Sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim PkM dosen dan mahasiswa Sastra Inggris Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk anak-anak asuh Al-Husna. Kegiatan ini menggunakan pendekatan kreatif melalui flash card dan permainan yang menggabungkan kompetisi serta kerja sama, dengan fokus pada idiom bahasa Inggris dalam cerita pendek bertema “Thanksgiving.” Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode ini efektif, menarik, dan meningkatkan pemahaman siswa akan idiom dan budaya Amerika.

References

Asher, J. J. (1982). Learning another language through actions: The complete

teacher’s guidebook. Sky Oaks Productions.

Berko Gleason, J. (2005). The development of language (6th ed.). Pearson Education, Inc.

Brown, H. D. (2007a). Principles of language learning and teaching. Pearson Education.

Brown, H. D. (2007b). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. Pearson Longman.

Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999). The grammar book: An

ESL/EFL teacher’s resource. Heinle & Heinle Publishers.

Chaer, A. (2007). Linguistik umum. Rineka Cipta.

Cho, Y. R., & Kim, H. Y. (2013). The effects of idiom instruction on EFL learners‟ idiom knowledge and use. English Teaching Journal, 67(3), 354– 366.

Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy.

Palgrave Macmillan.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Pearson Longman.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.

Hornby, A. S. (2005). Oxford advanced learner’s dictionary of current English.

Oxford University Press.

Johnson, E. (2018). American short stories. Oxford University Press. Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik. Gramedia Pustaka Utama.

Larsen-Freeman, D., & Celce-Murcia, M. (1999). The grammar book: Form, meaning, and use for English language teachers. Heinle & Heinle Publishers.

McCarthy, M., & O‟Dell, F. (2005). English idioms in use. Cambridge University Press.

Pinker, S. (2000). The Language instinct: how the mind creates language. Harper Perennial Modern Classics.

Prensky, M. (2001). Digital game-based learning. McGraw-Hill.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Schmidt, R. (2002). Longman dictionary of language teaching & applied linguistics. Pearson Education Limited.

Thornbury, S. (2002). How to teach vocabulary. Pearson Education Limited. Tyler, A. (2012). Using idioms to teach culture. ELT Journal, 66(2), 180–189.

Warschauer, M. (2006). Laptops and literacy: Learning in the 21st century. Teachers College Press.

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Mia Perlina. (2024). Cerdas dan Kaya Budaya: Belajar Idiom dan Budaya Amerika melalui Cerita Pendek Thanksgiving. Pengabdian: The National Online Journal of Community Service on Linguistics, Language Teaching, Literature and Culture, 1(2), 36–49. https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44663