Pengembangan Media Pembelajaran TOEFL Reading Comprehension bagi Lembaga Kajian Dialektika
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v1i2.44668Keywords:
Membaca, PowerPoint, TOEFLAbstract
Keterampilan terhadap penguasaan Bahasa Inggris bagi mahasiswa secara umum merupakan hal penting dimana dengan kemampuan tersebut mereka akan mampu bersaing dengan mahasiswa lain dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MAE). Penguasaan Bahasa Inggris ini adalah Test of English as Foreign Language (TOEFL); TOEFL dapat digunakan untuk bersaing dengan negara-negara yang sumber daya manusianya adalah penutur bahasa Inggris. Faktanya, kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan TOEFL khususnya dalam hal reading comprehension yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran TOEFL agar lebih mudah dipahami bagi para peserta khususnya, dan bagi para mahasiswa pada umumnya. Pengambanagan materi pembelajaran Reading comprehensive akan dilakukan melalui Power Point. PowerPoint dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk memahami materi yang perlu dipelajari. Selain itu, sasaran kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini ditargetkan kepada anggota di lembaga DIALEKTIKA yang memiliki keanekaragaman latar belakang para anggotanya khususnya adalah mahasiswa yang merupakan anggota lembaga yang lebih mendominasi. Keberagaman latar belakang anggota merupakan alasan utama bagi penulis untuk mengadakan kegiatan di lembaga tersebut dengan tujuan untuk pengembangan media pembelajaran. Terdapat 50 peserta yang akan terlibat dalam kegiatan PkM ini. Dari hasil pengumpulan data melalui observasi dan wawancara ditemukan beberapa temuan hasil yang signifikan seperti peningkatan Keterampilan Reading Comprehension TOEFL, efektivitas Penggunaan Media PowerPoint sebagai Alat Pembelajaran dan peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan wawasan atau strategi-strategi untuk menaklukkan soal-soal reading comprehension dalam tes TOEFL
References
Aghittara, A. O. (2016). Peningkatan keterampilan menulis cerita fiksi melalui metode eksplorasi membaca siswa kelas IV. Basic education, 5(30), 2-831.
Arsyad, A. (2018). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada
Astuti, J. D. (2022). Kesulitan Peserta Didik Menentukan Ide Pokok Paragraf Materi Teks Narasi. SNHRP, 4, 1285-1291
Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan
kemampuan bahasa inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61.
https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457
Gufron, N. (2015). Aplikasi media pembelajaran mandiri tes TOEFL menggunakan metode fuzzy berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di
Universitas Trunojoyo Madura. 12.
Juliana, J., & Amaniarsih, D.S. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl.JurnalSOLMA,9(1),143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.
Khunaifi, A.R. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Reading Comprehension dalam Ujian Toefl pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan 14(1):29-34. http://dx.doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.829
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher
Mardiani, S., Jismulatif, & Erni. (2021). Indonesian high school students’ difficulties understanding English text. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 985–993. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8359
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36–44
Putrawan, G. E., & Deviyanti, R. (2018). Pelatihan bahasa Inggris TOEFL-like test bagi siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Sakai Sabayan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 122–128
Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2), 145– 155.
Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179– 192.
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Yunistita, Y., & Togatorop, J. (2023). Manfaat PowerPoint Interaktif pada Pembelajaran Daring. JURNAL CURERE, 7(1), 139-145.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82– 92