Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) Berbasis Media Digital untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di PAUD Mulia Insani
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54639Keywords:
Bahasa Inggris, media pembelajaran, Total Physical Response, Usia diniAbstract
Pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi diwujudkan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan apresiasi terhadap literasi bahasa Inggris pada anak usia dini di PAUD Mulia Insani, Tangerang Selatan, dengan memanfaatkan konten digital dari platform YouTube yang dipadukan dengan metode Total Physical Response (TPR). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% siswa terlibat aktif dalam seluruh sesi pembelajaran, dan terdapat peningkatan penguasaan kosakata dasar sebesar 75% berdasarkan hasil lembar kerja siswa. Simpulan dari kegiatan ini adalah integrasi konten YouTube dengan metode TPR terbukti efektif meningkatkan partisipasi dan pemahaman kosakata bahasa Inggris, sehingga dapat dijadikan model pembelajaran inovatif yang kontekstual di era digital.
References
Asher, J. J. (1977). Learning another language through actions: The complete teacher's guidebook. Los Gatos, CA: Sky Oaks Productions.
Bruner, J. (1983). Child's talk: Learning to use language. New York, NY: W. W. Norton.
Febriyanti, R., Sari, P., & Wijaya, H. (2024). Efektivitas metode TPR berbasis video animasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 145-156.
Lenneberg, E. H. (1967). Biological foundations of language. New York, NY: John Wiley & Sons.
Pratiwi, D., & Sari, N. (2023). Pengaruh media digital dalam penerapan total physical response untuk peningkatan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Early Childhood Research Journal, 6(1), 78-92.
Rahman, T., & Suryani, I. (2023). Integrasi metode TPR dan media digital dalam pengembangan kemampuan menyimak bahasa Inggris pada anak usia dini. Journal of Early Childhood Education, 5(2), 112-125.
Sembiring, M. (2023). Model pembelajaran hibrid TPR-digital untuk pendidikan bahasa Inggris anak usia dini di era digital. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 45-60.
Sari, P., & Handayani, R. (2024). Optimalisasi platform video dalam pembelajaran TPR untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33-47.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.



