Analisis Elemen Teks Puisi "Forever Friends" untuk Penguatan Literasi Bahasa Inggris Santri di Pesantren Maskanul Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54658Keywords:
Literasi Sastra, Puisi Bahasa Inggris, Analisis Teks, Pendidikan KarakterAbstract
Pengembangan literasi di lingkungan pesantren sering terkendala oleh terbatasnya akses terhadap materi ajar yang kontekstual dan metode pembelajaran yang relevan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim memperkenalkan dan menganalisis puisi “Forever Friends” karya Amber S. Pence kepada santri tingkat SMP/MTs di Pesantren Maskanul Qur’an Depok. Metode yang digunakan adalah sosialisasi interaktif berbantuan audio-visual serta diskusi terstruktur mengenai unsur-unsur puisi seperti baris, rima, irama, citraan, perasaan, dan tema. Kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi sastra Inggris santri, dengan 80% peserta menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam membaca puisi secara lisan, serta 75% mampu mengidentifikasi minimal empat dari enam elemen puisi yang diajarkan. Selain aspek kognitif, pendekatan ini juga menguatkan pendidikan karakter yang selaras dengan nilai pesantren. Hasil kegiatan membuktikan bahwa pendekatan kontekstual dan interaktif dapat dijadikan model efektif untuk pembelajaran sastra di pesantren
References
Rofikoh, S., Anisatul, G., Ayu, I., Muthiah, N., Aranda, A., Mardiah, A., & Ivanka, N. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Assabiah, 1(1), 45-60.
Sa'diyah, N., & Fawzi, A. (2024). Bahan ajar menulis puisi ekspresif berbasis kontekstual. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 486-495
Subhan, Y. A., Sunardi, Hani, U., & Azis, K. (2021). Memperkenalkan budaya literasi melalui kegiatan membaca puisi berbahasa Inggris. Madaniya, 2(4), 368-370.
Syahfitri, D., Simatupang, F. T., & Kim, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menulis Puisi di SMP Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2021/2022. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 4(1), 226-228.



