Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Metode Roleplay Berbasis Konteks Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ghozali

Authors

  • Muhammad Ahsan Tampubolon Universitas Pamulang
  • Linda Maisari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54758

Keywords:

Pembelajaran Kosakata, Metode Roleplay, Kontekstualisasi, Pondok Pesantren, Bahasa Inggris

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan fondasi krusial dalam pembelajaran Bahasa Inggris, namun menjadi tantangan di banyak pondok pesantren akibat keterbatasan metode dan media pembelajaran kontekstual. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa melalui implementasi metode roleplay yang terintegrasi dengan buku panduan berbasis konteks pesantren. Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Ghozali, Bogor, melibatkan 35 siswa dengan pendekatan mixed-methods untuk evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan penguasaan kosakata dengan nilai rata-rata post-test 76,8 dari sebelumnya 45,2 pada pre-test, merepresentasikan peningkatan sebesar 69,9%. Analisis kualitatif mengungkap transformasi pembelajaran yang bermakna, ditandai dengan peningkatan kepercayaan diri komunikatif siswa, penurunan language anxiety, dan berkembangnya kemampuan produksi bahasa mandiri. Metode roleplay terbukti efektif menciptakan lingkungan belajar rendah tekanan (low-anxiety environment) yang memfasilitasi akuisisi kosakata melalui experiential learning. Program ini juga berhasil membangun kapasitas berkelanjutan melalui pelatihan guru dan pembentukan English corner. Simpulan studi merekomendasikan integrasi metode roleplay dengan materi pembelajaran terkontekstualisasi sebagai model efektif pembelajaran bahasa asing di lingkungan pesantren yang dapat direplikasi di institusi pendidikan serupa.

References

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th ed.). Pearson Longman.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice-Hall.

Krashen, S. D. (1982). Principles and practice in second language acquisition. Pergamon Press.

Ladousse, G. P. (1987). Role play. Oxford University Press.

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge University Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Muhammad Ahsan Tampubolon, & Linda Maisari. (2025). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Metode Roleplay Berbasis Konteks Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ghozali. Pengabdian: The National Online Journal of Community Service on Linguistics, Language Teaching, Literature and Culture, 2(3), 104–111. https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54758