Peningkatan Penguasaan Kosakata Hewan Melalui Metode Total Physical Response (TPR) pada Siswa SDN

Authors

  • Shinta Alya Zahra student
  • Johanes Raelis Aziel Wirawan Universitas Pamulang
  • Mauliddani Nugroho Saputra Universitas Pamulang
  • Densylia Universitas Pamulang
  • Ade Rahmah Kusuma Dewi Universitas Pamulang
  • Insan Ammar Rabbani Universitas Pamulang
  • Davidto Universitas Pamulang
  • Pamela Patricia Universitas Pamulang
  • Muhamad Al-Farezi Universitas Pamulang
  • Viko Raka Maulana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54779

Keywords:

Total Physical Response, kosakata hewan, pembelajaran bahasa Inggris, sekolah dasar, PKM

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam menghadapi perkembangan global. Namun, hasil observasi awal di SDN Serua 03 menunjukkan bahwa siswa kelas 3 hanya mampu menyebutkan rata-rata dua kosakata hewan dalam bahasa Inggris dan kesulitan mengingat kosakata baru karena metode pembelajaran yang kurang interaktif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata hewan melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR), yaitu metode yang mengintegrasikan instruksi verbal dengan gerakan fisik untuk memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa. Kegiatan dilaksanakan pada 21 Juli 2025 melalui tiga sesi utama: edukasi kosakata, demonstrasi dan praktik TPR, serta permainan edukatif berbasis aktivitas kinestetik. Evaluasi dilakukan melalui observasi partisipatif dan tes verbal sederhana untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata. Setelah penerapan TPR, siswa mampu mengingat 5–7 kosakata baru secara konsisten, meningkat sekitar 60–70% dibandingkan kemampuan awal. Selain itu, partisipasi verbal dan respons fisik siswa meningkat secara mencolok selama praktik dan permainan. Temuan ini menunjukkan bahwa TPR merupakan metode yang efektif dan menyenangkan untuk pembelajaran kosakata pada siswa sekolah dasar, sekaligus dapat dijadikan alternatif pembelajaran interaktif pada kegiatan PKM berikutnya.

References

Afriani, Z., & Rustipa, K. (2023). Teaching English vocabulary using Total Physical Response (TPR) method. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 12(1), 45–56.

Asher, J. J. (1969). The total physical response approach to second language learning. The Modern Language Journal, 53(1), 3–17.

Asher, J. J. (1981). Learning another language through actions: The complete teacher’s guidebook. Sky Oaks Productions.

Marwan, A. (2016). Student motivation in learning English. (Catatan: Tambahkan nama jurnal atau penerbit jika tersedia.)

Mulyadi, D., & Rahmawati, S. (2024). Inovasi pembelajaran: Membangun minat belajar Bahasa Inggris dasar melalui perancangan aplikasi media interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 55–64.

Nikita, D. (2009). TPR method is effective in teaching phrasal verbs: Evidence from pretest–posttest gains. Journal of English Language Teaching, 3(2), 77–85.

Suyanto, K. K. E. (2013). Teaching challenges in Indonesia: Motivating students and teachers’ classroom language. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(2), 1–16.

Zhang, Y. (2021). The application of Total Physical Response method (TPR) in preschool children’s English teaching. Theory and Practice in Language Studies, 11(9), 1041–1047.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Shinta Alya Zahra, Johanes Raelis Aziel Wirawan, Mauliddani Nugroho Saputra, Densylia, Ade Rahmah Kusuma Dewi, Insan Ammar Rabbani, … Viko Raka Maulana. (2025). Peningkatan Penguasaan Kosakata Hewan Melalui Metode Total Physical Response (TPR) pada Siswa SDN. Pengabdian: The National Online Journal of Community Service on Linguistics, Language Teaching, Literature and Culture, 2(3), 119–125. https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.54779