Efektivitas Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Anak di Ruang Belajar Nonformal
DOI:
https://doi.org/10.32493/noslltl.v2i3.55152Keywords:
children literature, Reading Park, Picture Books, Community outreach centerAbstract
Program Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMKM) ini dilaksanakan di Taman Baca Situ Rompong sebagai respons terhadap rendahnya minat baca dan keterbatasan partisipasi verbal anak dalam kegiatan literasi. Tujuan program ini adalah meningkatkan keterlibatan anak melalui aktivitas literasi interaktif yang menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari melalui serangkaian aktivitas seperti membaca bersama, permainan edukatif, dan penulisan refleksi sederhana. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan participatory engagement, yang memungkinkan anak terlibat langsung selama proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan laporan reflektif untuk menilai respons, antusiasme, dan tingkat partisipasi verbal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan partisipasi verbal anak hingga sekitar 60%, terlihat dari keberanian mereka menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi cerita, dan berinteraksi selama sesi diskusi. Selain itu, ketertarikan anak terhadap buku juga meningkat, ditandai dengan meningkatnya jumlah anak yang secara sukarela memilih buku untuk dibaca setelah kegiatan selesai. Meskipun durasi pelaksanaan terbatas, program ini memberikan dampak positif awal dalam menciptakan suasana literasi yang lebih aktif dan menyenangkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pelaksana PKM lain dalam merancang kegiatan literasi singkat yang tetap efektif.
References
Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.
Ellis, G., & Brewster, J. (2014). Tell it again!: The storytelling handbook for primary English language teachers. British Council.
Richards, J. C. (2008). Teaching listening and speaking: From theory to practice. Cambridge University Press.
Wright, A. (2008). Pictures for language learning (New ed.). Cambridge University Press.



