Sosialisasi Literasi Digital Komunikasi pada Siswa SD di Yayasan Sahabat Yatim, Bintaro-Tangerang Selatan (212-222)
DOI:
https://doi.org/10.32493/pbs.v3i2.32134Abstract
Kemajuan di bidang teknologi adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa kita hindari. Kemajuan teknologi ini sangat membantu siswa mencari dan mendapatkan ilmu dengan cepat dan Belajar pun bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja dengan bantuan alat komunikasi yang canggih. Tetapi di samping manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaannya, muncul pula dampak negatif seperti munculnya rasa malas untuk melakukan aktifitas sosial dan menyebabkan turunnya daya konsentrasi terutama disaat belajar yang tak sedikit membuat anak menjadi tertekan serta terpisah dari lingkungan sosialnya. Komunikasi bukan sekedar penerusan informasi dari suatu sumber kepada publik, ia lebih mudah dipahami sebagai penciptaan kembali gagasan–gagasan informasi oleh publik jika diberikan petunjuk dengan simbol, slogan, atau tema pokok. Kesimpulannya bahwa komunikasi adalah hubungan antar manusia dalam rangka mencapai saling pengertian (mutual understanding). Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini memberikan edukasi untuk menerapkan literasi digital dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi. Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif. Edukasi ini untuk kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.
Untuk mencapai tujuan kegiatan ini digunakan metode simulasi pada video yang ditayangkan dengan cara memberi penjelasan tentang materi literasi digital komunikasi melalui tanya jawab, serta penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: sosialisasi, literasi digital, komunikasi, dan siswa