Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Soft Skill bagi Peserta Didik di SMK Letris Indonesia 1, Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Sugiyarto Sugiyarto Universitas Pamulang
  • Waluyo Waluyo Universitas Pamulang
  • Harjoyo Harjoyo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v4i1.38294

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini peserta didik di SMK Letris Indonesia 1. Lokasi mitra di Villa Bintaro Indah, Jl. Kalimantan I Jombang, Kec. Ciputat Kota Tangerang Selatan, Banten. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik di SMK Letris Indonesia 1 tentang bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya melalui pelatihan soft skill. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan studi kasus Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah: [1] Pembelajaran masih dominan menerapkan teacher learning centre (guru sebagai pusat), yang seharusnya dilakukan adalah “anak sebagai pusat “ sehingga kompetensi dan kemampuan siswa dapat digali sehingga sekolah dapat menginventarisir kekuatan yang ada pada siswa; [2] Masih kurangnya pengembangan soft skill peserta didik.. Pelaksanaan kegiatan PKM berjalan lancar, selama 3 (tiga) hari waktu yang dialokasikan dapat terlaksana dengan baik. Peserta terlihat antusias dan bersemangat, hal ini dapat dilihat dari terjadinya interaksi dua arah, terjadi tanya jawab, diskusi dan berbagi pengalaman dan menjadi wadah penyampain masalah yang mereka hadapi dalam kegiatan belajar di sekolah. Tim pengabdi memberikan saran-saran sebagai berikut: [1] Bagi Sekolah, setelah mendapatkan penyuluhan, pelatihan, dan motivasi, sebaiknya pengurus melakukan evaluasi terhadap peserta didik apakah mereka mengalami perkembangan keterampilan soft skill khususnya interpersonal yang baik atau sama seperti sebelumnya sehingga menjadikan acuan guru dalam memberikan motode dan materi pengajaran yang cocok bagi peserta didik; [2] Bagi Tim Pengabdi, untuk pelaksanaan pengabdian selanjutnya perlu persiapan yang lebih baik seperti koordinasi tim dan kesiapan serta kelengkapan media pembelajaran untuk memberikan pelatihan terhadap khalayak sasaran, agar penyampaian Abstract Partners in this community service activity are students at Vocational School Letris Indonesia 1. Partner location is at Villa Bintaro Indah, Jl. Kalimantan I Jombang, District. Ciputat, South Tangerang City, Banten. The aim of this Community Service activity is to provide knowledge and understanding to students at SMK Letris Indonesia 1 about how to improve the quality of resources through soft skills training. The methods used in this activity are lectures and case studies. The main problems faced by partners are: [1] Learning is still dominant in implementing a teacher learning center (teacher as the center), what should be done is "the child as the center" so that students' competencies and abilities can be achieved. explored so that schools can inventory the strengths of students; [2] There is still a lack of development of students' soft skills. The implementation of PKM activities went smoothly, during the 3 (three) days the allocated time was carried out well. Participants looked enthusiastic and enthusiastic, this can be seen from the two-way interaction, questions and answers, discussions and sharing of experiences and being a forum for communicating the problems they face in learning activities at school. The service team provides the following suggestions: [1] For schools, after receiving counseling, training and motivation, administrators should evaluate students to see whether they have developed good soft skills, especially interpersonal skills, or the same as before so that they can be used as a reference for teachers. in providing teaching methods and materials that are suitable for students; [2] For the Service Team, for the implementation of further service, better preparation is needed, such as team coordination and readiness and completeness of learning media to provide training to target audiences, so that delivery.

Author Biographies

Sugiyarto Sugiyarto, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Waluyo Waluyo, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Harjoyo Harjoyo, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Downloads

Published

2024-01-26