Menyiapkan Peserta Didik Untuk Hidup dan Berkehidupan dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa SMK Letris Indonesia 1, Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Suwandi Suwandi Universitas Pamulang
  • Turkamun Turkamun Universitas Pamulang
  • Mohamad Anwar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v4i1.38297

Keywords:

Peserta Didik, Bermasyarakat,Berbangsa dan Bernegara

Abstract

Dalam dekade ini Indonesia tidak sedang baik-baik saja, munculnya beberapa masalah yang melanda bangsa Indonesia merupakan salah satu bentuk krisisnya penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah,perguruan tinggi dan masyarakat bangsa Indonesia, oleh karena itu perlu diperhatikan dari berbagai aspek yang kemudian hal ini patut dikaji dalam forum akademisi salah satunya melalui perguruan tinggi,sekolah menengah atas lewat materi Pendidikan Pancasila,para Siswa dan Mahasiswa atau masyarakat akademik akan semakin peka terhadap permasalahan bangsa yang sebenarnya sudah menjadi masalah kita yang harus diselesaikan. Secara pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki misi utama” mempersiapkan tenaga kerja yang terampil,beretika,berahklak dan beradab” sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Selain itu, lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (perguruan tinggi), selain juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri sebagai wirausaha mandiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan studi kasus. Metode pertama adalah ceramah. Ceramah adalah metodologi pembelajaran kepada siswa dilakukan dengan cara lisan, yang bermanfaat untuk membiasakan murid memaksimalkan pendengarannya dalam mendapatkan suatu informasi. Kemudian metode selanjutnya adalah studi kasus. Studi kasus merupakan deskripsi mengenai suatu pengalaman dalam kehidupan nyata, berkaitan dengan bidang yang sedang dikaji atau dilatihkan, yang digunakan untuk menetapkan poin-poin penting, memunculkan masalah atau bahkan meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar dari para peserta. Pelaksanaannya biasanya mengikuti suatu skenario nyata, misalnya suatu masalah manajemen atau teknis, dari awal hingga akhir. Karena studi kasus memberikan contoh-contoh nyata mengenai masalah-masalah dan solusi-solusi, tantangan-tantangan dan strategi-strategi, studi kasus tersebut mendukung bahan-bahan yang lebih bersifat teoritis dan sering kali menjadikan 'pelajaran' tersebut lebih dapat diingat dan dipercayai bagi siswa. Abstract In this decade, Indonesia is not doing well, the emergence of several problems that have hit the Indonesian nation is a form of crisis in the application of Pancasila values in schools, universities and Indonesian society, therefore it is necessary to pay attention to various aspects which then arise. This should be studied in academic forums, one of which is through universities, high schools, through Pancasila education materials, students or the academic community will become more sensitive to the nation's problems which have actually become our problems that must be resolved. Based on the above understanding, it can be concluded that Vocational High School (SMK) students have the main mission of "preparing skilled, ethical, moral and civilized workers" in accordance with employment needs. Apart from that, vocational school graduates also have the opportunity to continue their education to a higher level (university), and are also expected to be able to create their own jobs as independent entrepreneurs. The methods used in this activity are lectures and case studies. The first method is lecture. Lectures are a learning methodology for students carried out orally, which is useful for getting students used to maximizing their listening in obtaining information. Then the next method is a case study. A case study is a description of an experience in real life, related to the field being studied or trained, which is used to establish important points, raise problems or even increase the understanding and learning experience of the participants. The implementation usually follows a real scenario, for example a management or technical problem, from start to finish. Because case studies provide concrete examples of problems and solutions, challenges and strategies, they support more theoretical material and often make the 'lesson' more memorable and believable to student.

Author Biographies

Suwandi Suwandi, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Turkamun Turkamun, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Mohamad Anwar, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

References

Admoredjo, Sudjito bin. (2009). Negara Hukum dalam Perspektif Pancasila. Makalah dalam Kongres Pancasila di UGM Yogyakarta, 30 - 31 Mei 2009.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum. (2016) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Halim, A., Mentari, A., & Yanzi, H. (2019). Urgensi Mata Kuliah Umum Pendidikan Pancasila dalam Menanamkan Nilai Moral Budaya Bangsa pada Mahasiswa Memasuki Era Revolusi Industri 4.0.

Irwanto. (2015). Studi Komparasi Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Infromasi. Vol.1, No.1. Hlm. 52-66.

Silalahi, Ulber. (2011). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. 1. Yogyakarta: . CAPS (Center For Academic Publising Service).

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/soft-skill-yang-harus-dimiliki-siswa# Diakses tanggal 08 September 2023

https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf, Diakses tanggal 08 September 2023

https://onlinelearning.binus.ac.id/2020/12/28/pentingnya-pendidikan-berkualitas-demi-tingkatkan-sdm-yang-handal/ Diakses tanggal 7 September 2023, Pkl. 20.00 WIB.

https://sintias.unpam.ac.id/uploader/laporan_akhir/copres-pdf-1594256042.pdf. Diakses tanggal 08 September 2023.

https://sintias.unpam.ac.id/uploader/laporan_akhir/laporan-pk-1578451611.pdf Diakses tanggal 08 September 2023.

https://smkletris1.sch.id/profil-sekolah/ Diakses tanggal 08 September 2023.

Downloads

Published

2024-01-26