Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional bagi Peserta Didik SMK Letris Indonesia 1 dalam Menghadapi Tantangan Kompetisi Dunia Kerja di Era Digital

Authors

  • Edi Junaedi Universitas Pamulang
  • Sapto Hadi Imambachri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v4i1.38298

Keywords:

Kecerdasan Intelektual, Intellegence Quotion, Emotional Quotion

Abstract

Kecerdasan Intektual atau yang lebih populer dan lebih kita kenal dengan nama Intelligent Quotient (IQ) dijadikan sebagai tolak ukur kecerdasan dan jalan menuju pada kesuksesan seseorang. Faktanya, tes IQ saja terkadang tidak cukup untuk menggambarkan hal tersebut. Oleh karena itu, sekian banyak para peneliti memperluas definisi kecerdasan untuk memasukkan seperangkat keterampilan yang lebih luas lagi, diantaranya hasilnya adalah emotional intelligence atau kecerdasan emosional. Tahukah Anda? Bahwa Kecerdasan emosi memiliki peran yang sangat penting dan meiliki pengaruh yang luar biasa tinggi dalam dunia pekerjaan di bidang apapun. Kita meilhat konsep emotional intelligence Quotiont (EQ) pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Peter Salovey dan John Mayer di sebuah artikel pada tahun 1990 yang kemudian lebih dipopulerkan lagi melalui buku yang ditulis oleh Daniel Goleman Emotional Intelligence:Why It Can Matter More Than.Emotional intelligence Quotiont (EQ) merupakan kemampuan yang sangat diperhitungkan di dalam dunia pekerjaan agar setiap individu yang bergabung di dalam perusahaan dapat memberikan hasil kerja yang maksimal dan berkualitas. Secara sederhana, dapat disampaikan bahwa baik atau tidaknya pekerjaan yang kita lakukan secara tidak langsung dipengaruhi oleh kualitas emotional Qoution (EQ) yang kita miliki. Mari kenali lebih jauh pemahaman tentang emotional intelligence dan bagaimana cara meningkatkannya. Untuk itu kami dari team pengabdi ingi mencoba menggali lebih dalam lagi, sejauh mana tingkat kecerdasan emosi (emotional inteligence quotiont) dari siswa/siswi SMK Letris 1 kelas 12 ini, dan kami mencoba mengevaluasi di bagian mana hal-hal yang perlu kami perbaiki dan perlu kami tingkatkan mengenai kecerdasan emosi dari masing-masing siswa/siswi SMK Letris 1 tersebut. Sehingga pada akhirnya diharapkan siswa/siswi mampu bersaing pada saat berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus sekolah atau setelah mereka lulus kuliah nanti. Kemampuan akhir yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa setelah mengikuti penyuluhan adalah siswa dapat memiliki kemampuan soft skill (Percaya diri, berani, adaptif, komunikatif, pantang menyerah, pandai bergaul, daya saing yang tinggi, motivasi yang tinggi dan lain-lain) yang tinggi dan siswa memiliki keterampilan dalam menghadapi tantangan abad 21 dengan ketatnya persaingan untuk mendapat pekerjaan dengan menguasai 4C yaitu: Critical Thinking (berpikir kritis), Collaboration (kolaborasi), Communication (komunikasi) dan Creativity (kreativitas). Abstract Intellectual Intelligence or what is more popular and better known to us as Intelligent Quotient (IQ) is used as a measure of intelligence and a path to a person's success. In fact, IQ tests alone are sometimes not enough to describe this. Therefore, many researchers have expanded the definition of intelligence to include a broader set of skills, one of which is emotional intelligence. Do you know? That emotional intelligence has a very important role and has an extraordinarily high influence in the world of work in any field. We see that the concept of emotional intelligence quote (EQ) was first introduced by psychologists Peter Salovey and John Mayer in an article in 1990 which was then further popularized through the book written by Daniel Goleman Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than. Emotional intelligence Quotion (EQ) is an ability that is highly taken into account in the world of work so that every individual who joins a company can provide maximum and quality work results. In simple terms, it can be said that whether the work we do is good or not is indirectly influenced by the quality of our emotional Qoution (EQ). Let's get to know more about emotional intelligence and how to improve it. For this reason, we from the service team want to try to dig deeper into the level of emotional intelligence (emotional intelligence quotient) of the students of SMK Letris 1 class 12, and we try to evaluate where there are things that we need to improve and need. We improve the emotional intelligence of each student at SMK Letris 1. So that in the end it is hoped that students will be able to compete when competing to get a job after they graduate from school or after they graduate from college. The final ability that students are expected to have after following the counseling is that students can have soft skills (self-confidence, courage, adaptive, communicative, never give up, sociable, high competitiveness, high motivation, etc.) that are high and students have the skills to face the challenges of the 21st century with intense competition to get jobs by mastering the 4Cs, namely: Critical Thinking, Collaboration, Communication and Creativity.

Author Biographies

Edi Junaedi, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Sapto Hadi Imambachri, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

References

Agustin, Ari Ginanjar. (2021). Rahasia Sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual, Cetakan 4, Jakarta: Arga Wijaya Persada

Aldily, Ridho. (2021). The Power Social & Emotional Intelegence. Jakarta: Gramedia.

Bandiah, Indriani Sri Pangestuti. (2020). Kecerdasan Emosi dan Kesehatan Mental (CKS), Jakarta: Granedia.

Duhigg, Charles. (2020). The Power of Habbit, Dahsyatnya Kebiasaan. Jakarta: Gramedia Pustaka,

Goleman, Daniel. (2019). Kecerdasan Emosi Untuk mencapai Puncak Prestasi, Cetakan 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intellegence Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ,. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, John & Joan De Claire. (2020). Mengembangkan kecerdasan Emosional, Jakarta: Gramedia.

Robert, Cooper K. Ayman Sawaf, (2016). Executive EQ-Emotional Intelegence in Leadership and Organizations, Cetakan 1, Jakarta: Gramedia.

Suyono. (2019). Kecerdasan Emosional Interaksi dalam Lingkungan Sosial, Yogyakarta: Trussmedia Grafika,

Zubaidah, Siti, dkk. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru SMK Informatika Ciputat, Tangerang Selatan. Prosiding. LPPM Universitas Pamulang

Downloads

Published

2024-01-26