Pelatihan Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Fatayat NU PAC Cipondoh
DOI:
https://doi.org/10.32493/pbs.v4i2.41863Keywords:
Literasi Media, Pelatihan Media Sosial, Fatayat NU PAC CipondohAbstract
Peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui literasi media, khususnya penggunaan yang aman dan efektif dari platform media sosial, merupakan kebutuhan mendesak. Pelatihan ini mengidentifikasi kurangnya pemahaman literasi digital, risiko keamanan media sosial, dan keterbatasan pemanfaatan platform sebagai masalah utama. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas diperlukan melalui pendidikan formal dan pelatihan non-formal yang diselenggarakan dalam pengabdian masyarakat oleh dosen-dosen dari Universitas BSI. Program kegiatan yang ada pada Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Cipondoh yaitu (1) kegiatan pengajian rutin yang dilakukan tiap minggu; (2) kegiatan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) yang produktif untuk meningkatkan pendapatan/ peluang wirausaha dari masyarakat; dan (3) Kegiatan pengembangan kreativitas anggota seperti pertunjukan drumband dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). Permasalahan yang terdapat pada mitra yakni belum maksimalnya pengelolaan media sosial sebagai salah satu media informasi dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Solusi yang diberikan yaitu melalui pendampingan dan pengelolaan terkait pengembangan media sosial melalui hal-hal: (a) bagaimana memberikan pemahaman, pengetahuan dan pengenalan mengenai penggunaan media sosial dan platform-platform media digital; (b) bagaimana meningkatkan kapasitas kemampuan menjadi profesional di tempat kerja; dan (c) memberikan pemahaman bahwa dengan memiliki kompetensi diri akan berdampak kepada jabatan dan penghasilan usaha kegiatan masyarakat (UKM) kelompok Fatayat NU PAC Cipondoh. Kata kunci : literasi media, pelatihan media sosial, Fatayat NU PAC CipondohReferences
Basori, M. A. N., Wawan Prahiawan, dan Daenulhay. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Krakatau Bandar Samudera). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, Vol. 1(No. 2), 149–157. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM
Gordon, T. (2001). Leader Effectiveness Training: L.E.T (Revised ed). Perigee Trade. http://www.amazon.com/Leader-Effectiveness-Training-L-E-T-Revised/dp/0399527133/ref=sr_1_1?ie=UTF8&qid=1399921134&sr=8-1&keywords=%22leader+effectiveness+training
Hariyanti, N. T., dan Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/172
Kaun, A. (2014). Jose van Dijck: Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. In Oxford (Ed.), MedieKultur: Journal of media and communication research (Vol. 30, Nomor 56). Oxford University Press. https://doi.org/10.7146/mediekultur.v30i56.16314
Martaningtyas, N. U. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing untuk Mencapai Kesuksesan dalam Berbisnis di Media Sosial Guna Memajukan Sektor UMKM. Mbic, 556–567.
Rijal, S., Azis, A. A., Chusumastuti, D., Susanto, E., Nirawana, I. W. S., dan Legito. (2023). Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 156–170. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.123
Salleh, U. K. M., Zulnaidi, H., Rahim, S. S. A., Zakaria, A. R. Bin, dan Hidayat, R. (2019). Roles of self-directed learning and social networking sites in lifelong learning. International Journal of Instruction, 12(4), 167–182. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12411a