Meningkatkan Sumber Daya Manusia Aparatur Desa dalam Mempersiapkan Generasi Z Menghadapi Bonus Demografi Tahun 2030 di Desa Sukarame, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang

Authors

  • Waluyo Universitas Pamulang
  • Sugiyarto Universitas Pamulang
  • Harjoyo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v4i2.41865

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Bonus Demografi, Aparatur Desa, Generasi Z

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini aparatur desa di Kantor Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang yang berlokasi di Jalan Raya Carita No. 20, Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pengabdian kepada Masyarakat ini tentang meningkatkan sumber daya manusia aparatur desa dalam mempersiapkan Generasi Z menghadapi bonus demografi tahun 2030 di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan adalah untuk mengoptimalkan potensi bonus demografi yang akan terjadi pada tahun 2030, khususnya bagi aparatur desa sehingga mereka dapat mengarahkan Generasi Z untuk memanfaatkan peluang tersebut. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan diskusi terkait pemingkatan SDM aparatur desa dalam mempersiapkan generasi Z menghadapi bonus demografi tahun 2023. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah keterbatasan sumber daya baik anggaran maupun tenaga manusia, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, dan tingkat pendidikan dan pelatihan yang rendah. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan sambutan yang baik dari khalayak sasaran, karena dengan terselenggaranya kegiatan pengabdian, disamping terjalinnya silaturahmi dan kerja sama, juga adanya transfer knowledge sehingga aparatur desa memahami potensi Generasi Z dan mengarahkannya untuk menyongsong bonus demografi tahun 2030. Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Aparatur Desa, Generasi Z, Bonus Demografi

References

Abdul Rahman Suleman et all. (2020). BUMDes Menuju Optimalisasi Ekonomi Desa. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Adioetomo SM dan Samosir OB. (2010). Dasar-Dasar Demografi edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Aditia. (2012). Manfaat Musik Instrumental. Available (online): http.//aditiarahargian.com/?p=52

Afandi, M. (2017). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Administrasi Publik, dan Masalahmasalah Sosial. Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Administrasi Publik, dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media

Ma'mun, S. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 137-150.

Dianita, PS., (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Vol. III, No. 2.

Falikhah, N. (2017). Bonus Demografi Peluang dan Tantangan bagi Indonesia. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 16(32).

Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografidi Indonesia. Journal of Economic and Economic Education.

Noordiono, Azis. (2016). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi UNAIR 2016. Jurnal. Surabaya: Unair.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOT) Pemerintahan Desa

Sedarmayanti. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Stillman, D., & John Stillman. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiman. (2018). Pemerintahan Desa. Jurnal Binamulia Hukum.7(1): 82-95.

Sulastuti, Katarina Indah. (2017). Tari Bedhaya Ela-ela: Eksplorasi Kecerdasan Tubuh Wanita dan Ekspresi Estetika Rasa dalam Budaya Jawa. Jurnal Vol.7 No.1, 22 April 2017: 1-14.

https://www.desasukarame.my.id/profil). Diakses tanggal 5 Juni 2024, Pkl. 15.00 WIB.

Downloads

Published

2024-07-08