Membangun Tim Guru yang Solid dan Profesional untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Optimal

Authors

  • Faisal Romdonih Universitas Pamulang
  • Kamsidik Universitas Pamulang
  • Ruknan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v5i1.47235

Keywords:

Profesionalisme guru, Kerja tim, Pendidikan anak usia dini, Pelatihan daring

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun tim pengajar yang solid dan profesional di TK Islam Al-Kamal, Kedaung-Pamulang. Dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang optimal, PKM ini memfokuskan pada peningkatan keterampilan guru dalam berkolaborasi, komunikasi efektif, serta profesionalisme pengajaran. Pelatihan dilakukan secara daring selama lima hariberturut-turut, dimulai dengan studi awal untuk memahami kondisi dan tantangan di lapangan, dilanjutkan dengan survei preferensi untuk mengetahui kebutuhan pengembangan diri guru. Sesi pelatihan mencakup materi tentang kerja tim, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, metode inklusif, serta manajemen kelas dan dinamika siswa. Pendekatan interaktif seperti diskusi kelompok dan studi kasus digunakan untuk memperkuat penerapan praktis konsep-konsep tersebut dalam situasi nyata. Evaluasi dilakukan melalui sesi tanya jawab dan umpan balik peserta. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa program PKM berhasil mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu terciptanya tim guru yang lebih solid, terampil, dan mampu menciptakan suasana belajar yang positif serta mendukung perkembangan siswa. PKM ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Islam Al-Kamal

Author Biographies

Faisal Romdonih, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

Kamsidik, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

Ruknan, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

References

Huda, M. (2016). Cooperative Learning: Metode, Teknik, dan Aplikasi dalam Pengajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Leithwood, K., Louis, K. S., Anderson, S. E., & Wahlstrom, K. J. (2004). How Leadership Influences Student Learning. Routledge.

Downloads

Published

2025-01-27