Meningkatkan Peran Orang Tua dalam Mendukung Proses Belajar Anak: Kolaborasi yang Efektif Antara Sekolah dan Orang Tua

Authors

  • Syarifah Ida Farida Universitas Pamulang
  • Rully Nur Dewanti Universitas Pamulang
  • Dien Mardiana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v5i1.47236

Keywords:

Keterlibatan orang tua, Komunikasi efektif, Pendidikan anak

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung proses belajar anak di TK Islam Al-Kamal, Kedaung-Pamulang. Penelitian menunjukkan bahwa rendahnya keterlibatan orang tua dapat berdampak negatif pada perkembangan akademis dan sosial anak, serta mengurangi efektivitas pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, program ini difokuskan pada edukasi orang tua tentang peran mereka dalam pendidikan anak, pengembangan komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru, serta penyediaan alat bantu pembelajaran di rumah. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri dari pertemuan awal untuk mengidentifikasi kebutuhan, survei preferensi orang tua, dan pelaksanaan webinar selama lima hari berturut-turut yang mencakup materi tentang keterlibatan orang tua, dukungan pembelajaran di rumah, dan komunikasi efektif dengan guru. Evaluasi hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam mendukung pendidikan anak serta menciptakan sinergi positif antara sekolah dan keluarga. Diharapkan, melalui kegiatan ini, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan dapat berkelanjutan dan berkontribusi pada perkembangan optimal anak-anak

Author Biographies

Syarifah Ida Farida, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

Rully Nur Dewanti, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

Dien Mardiana, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen S-1

References

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Your handbook for action. Corwin Press

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge

Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2002). A new generation of evidence on school, family, and community partnerships: What works and why. The Center for Research on the Education of Students at Risk

Santoso, B. (2018). Investasi untuk Anak: Panduan Lengkap Memulai Investasi Sejak Dini. Yogyakarta: Penerbit Andi

Santrock, J. W. (2017). Life-span development. McGraw-Hill Education.

Sugarman, J. (2015). The connected family: Bridging the digital generation gap. HarperCollins

Downloads

Published

2025-01-27