Branding Sekolah Islam yang Menarik: Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendaftaran Siswa Baru
DOI:
https://doi.org/10.32493/pbs.v5i1.47240Keywords:
Branding, Pemasaran digital, Pendaftaran siswa baru, TK Islam Al-KamalAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pendaftaran siswa baru di TK Islam Al-Kamal melalui penerapan strategi pemasaran berkelanjutan dengan pendekatan digital. TK Islam Al-Kamal menghadapi tantangan dalam mengembangkan branding sekolah yang kuat di tengah persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat. Dalam upaya untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik sekolah, PKM ini merancang dan menerapkan strategi branding yang efektif. Metode pelaksanaan mencakup beberapa tahapan, dimulai dengan pertemuan awal untuk memahami kebutuhan dan tujuan sekolah, diikuti dengan survei preferensi untuk mengetahui keinginan orang tua dan calon siswa. Pelatihan dilakukan selama lima hari berturut-turut dalam format webinar, dengan fokus pada pengenalan branding, pembuatan konten visual, strategi penggunaan media sosial, implementasi program promosi, dan evaluasi hasil. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan signifikan dalam daya tarik sekolah, diiringi dengan peningkatan pendaftaran siswa baru. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas pemasaran sekolah dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas pendidikan di wilayah Kedaung-Pamulang
References
Arifin, Z. (2017). Pengalaman Siswa sebagai Inti Branding Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 123-132.
Fatimah, S. (2021). Storytelling sebagai Strategi Branding Sekolah Islam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam, 156-165.
Hidayat, M. (2016). Pentingnya Konsistensi dalam Branding Sekolah. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-42.
Nurhidayah, A. (2018). Pentingnya Identitas Sekolah Islam dalam Membangun Branding. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 115-125.
Rahmawati, D. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendaftaran Siswa Baru di Sekolah Islam. Jurnal Komunikasi, 8(1), 45-55.
Supriyadi, A. (2019). Kolaborasi Sekolah dengan Komunitas untuk Memperkuat Branding. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 98-108.
Wahyuni, N. (2015). Evaluasi Branding Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Islam X. Tesis Magister, Universitas Indonesia.