Membangun Reputasi Sekolah TK sebagai Pilihan Utama: Strategi Pemasaran yang Efektif dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
DOI:
https://doi.org/10.32493/pbs.v5i1.47242Keywords:
Reputasi, Pengembangan SDM, TK Islam Al-KamalAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat posisi TK Islam Al-Kamal sebagai pilihan utama bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anak-anak mereka. Melalui judul "Membangun Reputasi Sekolah TK sebagai Pilihan Utama: Strategi Pemasaran yang Efektif dan Pengembangan Sumber Daya Manusia," kegiatan ini berfokus pada pengembangan strategi pemasaran yang inovatif serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sekolah. Metode pelaksanaan mencakup pertemuan awal dengan manajemen sekolah untuk analisis kondisi saat ini, survey preferensi orang tua, serta pelatihan intensif selama lima hari mengenai strategi pemasaran digital, branding, dan pengembangan kompetensi SDM. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pendaftaran siswa baru dan penguatan reputasi sekolah. Dengan penerapan strategi pemasaran yang efektif, diharapkan TK Islam Al-Kamal dapatmenarik lebih banyak calon siswa dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas sekitar
References
Arifin, Z. (2017). Pengalaman Belajar yang Menyenangkan sebagai Daya Tarik Sekolah TK. Jurnal Pendidikan, 5(2), 45-55.
Fatimah, S. (2021). Kolaborasi Sekolah TK dengan Komunitas untuk Meningkatkan Reputasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 32-42.
Hidayat, M. (2016). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mempromosikan Sekolah TK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 98-108.
Rahmawati, D. (2019). Komunikasi Efektif dengan Orang Tua dalam Membangun Reputasi Sekolah TK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 123-132.
Supriyadi, A. (2019). Evaluasi Reputasi Sekolah TK: Studi Kasus. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 115-125
Susilawati, A. (2018). Pentingnya Citra Positif Sekolah TK dalam Menarik Minat Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15-25.
Wahyuni, N. (2015). Kualitas Guru sebagai Penentu Reputasi Sekolah TK. Tesis Magister, Universitas Indonesia.